base target='_blank' /> 2012-06-10 ~ KUMPULAN ILMU-ILMU
Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 

Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 


Pages

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 14 Juni 2012

Cara modifikasi tampilan link di bloger

Cara Memodifikasi Tampilan Link di Blogger/Blogspot





modifikasi CSS link
Tips-tricks Blogger kembali lagi membahas tentang mengedit tampilan link di template Blogger/Blogspot. Kali ini diupayakan secara lengkap dan esensial agar nanti sobat dapat mengutak-atik bagian tampilan link secara mandiri.

Bagian CSS yang memberi aturan pada link ada 4 jenis:
1. a : tampilan dasar suatu link
2. a:hover: tampilan link ketika mouse berada di atas link (mouse hovering)
3. a:visited: tampilan link setelah di-click atau ketika halaman link tersebut telah dibuka.
 4. a:active: tampilan link ketika di-click ( ketika halaman baru belum terbuka secara sempurna)

Sedangkan style text CSS memiliki beberapa jenis:
1. color: warna link, valuenya berupa warna hexadesimal, RGB, maupun color name.
2. Text decoration: hiasan pada link, berupa underline (garis bawah, ini bawaan secara default), none (tanpa hiasan), overline (garis di atas) dan blink (berkedip)
3. Font-size: ukuran teks, biasanya dalam pixel (px), em, persen (%), dll.
4. dan masih banyak lagi jenis text-style yang lainnya, sobat nantinya silahkan mempelajari sendiri cara-cara memodifikasi tampilan teks dengan CSS.

Nah, setelah mengetahui beberapa properti style CSS pada link, untuk mengubah tampilan default link pada blog, silahkan lihat pada template Blogger/Blogspot sobat (lihat melalui edit HTML), kemudian cari aturan CSS yang mengatur link, yaitu a, a hover, .... dan seterusnya.

Clue: aturan CSS terletak di antara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin>, aturan link berada di bagian awal, biasanya setelah variable dan setelah body {...}

Contoh aturannya seperti ini (namun tidak sama persis tergantung aturan CSS teks-nya):
a {color: #1C4991; text-decoration: none;}
a:hover {color: #f2984c; text-decoration: underline;}
a:visited {color: 1C4991; text-decoration:none;}
Pada bagian berwarna biru itulah sobat bisa memodifikasi tampilan link, baik tampilan awal link (a), ketika mouse di-hover di atas link (a:hover), dan ketika link telah di klik/dikunjungi (a:visited). Ingat, tampilan dasar link selalu bergaris bawah, maka untuk menghilangkan garis bawah (underline) link pada tampilan link dasar maupun ketika di-hover, harus ditambahkan text-decoration: none. Sedangkan untuk warna, sobat bisa pula mengganti value warna di link di tempate sobat dengan mengganti kode di belakang color: dengan kode warna lain yang diinginkan. Untuk mengetahui kode-kode warna, gunakan Hex Color Code Chart Generator.

Jika ingin menambahkan aturan link lain yang belum ada di template sobat, misalnya belum ada a:hover, maka tinggal ditambahkan saja, dengan catatan urutannya harus seperti ini:
1. a {aturan css text styling}
2. a:hover {aturan css text styling}
3. a:visited {aturan css text styling}
4. a:active {aturan css text styling}
Keempatnya harus memiliki unrutan seperti itu, jadi tidak boleh terbalik-balik, kecuali jika salah satunya tidak ada, boleh langsung melompat ke aturan link lain.

Jika ingin mengubah tampilan link secara individual dan berbeda dari aturan default link yang mengikuti aturan template, sobat bisa langsung memasukkan perintah CSS text-style ke dalam link yang ingin diberi tampilan berbeda (style="....."), misalnya:
<a  href="http://buka rahasia.blogspot .com" style="color:#FF9900;text-decoration:blink;font-size:24px">tips-tricks blogger</a>
Maka hasilnya akan seperti ini:


(Note: Penggunaan text decoration berjenis blink di atas hanyalah untuk contoh, perhatikan benar-benar penggunaan text decoration seperti ini karena dapat membuat mata lelah dan sakit. Ga percaya? Silahkan dilihat terus link di atas dalam waktu 2 atau 3 menit. Hehe... Padu padankan warna, ukuran, serta urgensi/kepentingan penggunaannya sehingga benar-benar pas dan tidak berlebihan).

Nah, sekarang jika sobat ingin mengutak-atik tampilan link blog silahkan dicoba dengan memperhatikan aturan-aturan CSS dan cara di atas. Yang penting, utak-atik, coba terus, belajar dan belajar! Good luck!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Instal Windows


Menginstal windows

  • Nyalakan komputer
  • Tekan del
  • Berkli-kali sampai masuk Bios
  • Cari boot ruban ke CD rom (A, CD Rom, C/C,A CD Rom)
  • Pres
  • Esc
  • F10 tekan Yes/Y Enter
  • Masukkan CD tunggu sebentar
  • Lalu ada bacaan Pres any Key to boot screen CD:
  • Tekan spasi berklai-kali sampai ada tulisan hedwars and sofwer to configuration ….
  • Proses …
  • Enter
  • F8
  • Esc: don’t Repair
  • Pilih C
  • Ketik D: delete partition
  • Enter: continue
  • Ketik L: delete
  • Enter: install
  • Pilih format Fat (Quick)
  • Enter: continue
  • Enter: continue
  • Tunggu sampai tampilan XP
  • Yampilan exciting New Look
  • Klik Custunize
  • Pilih languages
  • Kasih cawang
V Instal …
V Instal …
  • Klik Apply tunggu sampai selesai proses
  • Kembali klik regional opsion
  • Pilih untuk ▼ pilih bahasa Arabic (Saudi Arabia)
  • Aplly
  • Tulis nama and organinization
Nama : A@dank
Organization : Nihai
  • Next
  • Prodct Key
  • 7QVT6-72738-WRKJB-YKRFQ-XVK98
  • Next
  • Next
  • Atur waktu dan tanggal
  • Pilih teme zona
  • Cari Bangkok Hanoi Jakarta
  • Tunggu sampai selesai kelar tampilan XP
  • Display setting OK
  • OK
  • Next
  • Pilih Yes Right Now/ Not right now
  • Pilih saja
  • Next
  • Your name: A@dank saying
  • Next finish
  • Selesai
  • Tinggal menginstal VGA dan sound
  • Install program-program lainnya.

LPJ MENLU

بسم الله الرحمن الر حيم 
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) 
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP MADURA INDONESIA 69465
Masa Bakti: 2010-2011 MAlamat Kantor : Gedung Rektorat IDIA Prenduan Lantai III e-mail : bemidiaprenduan@gmail.com

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 MENTERI LUAR NEGERI (MENLU)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ MENKANTIB



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ) 
 MENTERI KEAMANAN DAN KETERTIBAN (MENKANTIB)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ MENDIKBA



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI PENDIDIKAN BAHASA ASING (MENDIKBA)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ BEM



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 (PRESIDEN MAHASISWA, SEKRETARIS JENDRAL DAN MENTERI KEUANGAN)
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) 2010-2011

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh Pon-Pes Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III Bagian Kemahasiswaan IDIA Prenduan
Civitas Akademika IDIA Prenduan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah-sunnah beliau.

LPJ MENSYARDA


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 MENTERI SYARIAT DAN DAKWAH (MENSYARDA)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ MENKORA

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 MENTERI KESENIAN DAN OLAH RAGA (MENKORA)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ MENDIKRIS

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI PENDIDIKAN DAN RISET (MENDIKRIS)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

LPJ MENDANGRI


LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 MENTERI DALAM NEGERI (MENDAGRI)

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah sunnah beliau.

Proposal Beasiswa


Proposal
Pengajuan Beasiswa

Oleh:
........................................................

Abdul Aziz S.pdi
1. Yakinkan Bahwa anda benar-benar membutuhkan
2. Jelaskan kondisi keluarga abda disertai dengan kebutuhan keuangannya
3. Jelaskan kebutuhan-kebutuhan anda
4. Lampirkan  sertifikat, nilai kuliah,surat ketrangan tidak mampu
5. Surat keterangan penghasilan orangtua
6. Surat menyurat antar propinsi itu harus tanda-rangan asli
7. Surat menyurat itu sebaiknya kita buat sendir, jadi instansi tinggal tanda tangan.

Proposal Semarak tiga bahasa


بسم الله الرحمن الرحيم
SEMARAK TIGA BAHASA 1426 H.
Antar SLTA dan Pesantren se Jawa Timur
Di Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN
Sekretariat : Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN,  Sumenep Madura 69465
Telp / Faks    : 0328-821.777  E-mail :tmi_al-amien@plasa.com        PC : 081803194804


PROPOSAL KEGIATAN

Dasar Pemikiran

            Paling tidak, ada 3 bahasa yang harus diketahui dan dikuasai oleh setiap generasi muda Muslim Indonesia saat ini ( baik secara verbal atau tertulis ), yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, selain tentu saja Bahasa Daerah yang merupakan bahasa ibu, bersifat lokal dan banyak dipergunakan dalam komunikasi sehari-hari
.

Proposal Seminar karya tulis


PROPOSAL SEMINAR
 KARYA TULIS ILMIAH & RISET TINGKAT NASIONAL
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH Al-AMIEN (IDIA)  PRENDUAN
SUMENEP MADURA
PERIODE 2010-2011
 

A.       Dasar Pemikiran
Menghidupkan tradisi-tradisi intelektual dikalangan generasi muda menjadi sebuah keharusan ketika cita-cita lahirnya manusia yang “Mundzirul Qoum” dengan kapasitas kepribadian dan kematangan intelektual yang memadai menjadi satu sikap yang harus direalisasikan. Disadari atau tidak, kematangan intelektual generasi muda berimplikasi positif terutama pada proses menjadikan para remaja yang kreatif, inovatif dan mampu bermain di pentas sejarah. Tentu hal itu bukanlah satu pekerjaan yang mudah, melainkan membutuhkan sikap, tekad dan usaha yang maksimal terutama dari para remaja penerus bangsa sebagai subjek utamanya.
Kemampuan menulis, berdiskusi, meneliti, dan sebagainya adalah tradisi-tradisi positif konstruktif yang harus ditanamkan dan dikembangkan sejak dini dalam setiap diri remaja (siswa, mahasiswa, dan umum) kalau cita-cita di atas ingin menjadi sebuah kenyataan

Proposal Festival Musik


PROPOSAL
FESTIFAL MUSIK ISLAMI SE-JAWA TIMUR
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP MADURA
MASA BAKTI 2010-2011

A.     Latar Belakang
Agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan silatturrahim dengan orang lain. Karena silaturrahim akan menjadikan manusia lebih berkembang dalam berbagai hal termasuk dalam sastra. Kita semua tentu menyukai keindahan, dan kita dapat menemukan keindahan itu dalam karya sastra.
Bahkan alquran pun diturunkan ketika bangsa arab sedang mengalami kemajuan sastra, sehingga alquran mempunyai nilai sastra yang tak tertandingi, baik dari segi tata bahasanya, strukturnya, ataupun kosa katanya
Dunia sastra adalah dunia yang penuh dengan keindahan imajinasi dan kontemplasi. Untuk menghasilkan suatu karya sastra yang berkualitas seseorang haruslah menghayati setiap gerak kehidupan lingkungan sekitarnya kemudian menuangkannya ke dalam bentuk puisi, sajak, cerpen. Melalui penghayatan yang mendalam, seseorang akan mampu membuat perubahan bagi masyarakat.
Era yang serba modern sekarang ini merupakan wadah yang sangat potensial bagi pengembangan sastra karena perkembangan dan kemajuan Indonesia tidak lepas dari peran para sastrawan yang melambungkan nama Indonesia sebagai salah satu Negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindahan dan kedamamian yang dituangkan dalam bentuk sastra, baik itu puisi, cerpen, sajak-sajak dan lain sebagainya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di Indonesia terdapat sastrawan nasionaL yang mengharumkan nama indonesia, seperti Taufik Ismail, Chairil Anwar, WS. Rendra.
Dengan adanya para pendahulu tentu kita tetap berharap generasi itu tidak hilang begitu saja tanpa ada penerus yang melahirkan konsep baru dari karya sastra yang sudah ada sebelumnya. Dan dengan adanya interaksi antara generasi muda dengan para praktisi sastra senior, diharapkan akan mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya dalam bidang sastra
B.     Landasan Kegiatan
1.      Hadist nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.”
2.      Agenda kerja DKPM IDIA Prenduan .
C.     Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama “Lomba baca Puisi Dan Dialog Bersama Sastrawan Nasional.”
D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.            Membangun minat pelajar dan mahasiswa di wilayah Madura terhadap sastra.
2.            Memperkenalkan pada insan akademis dan masyarakat umum terhadap karya sastra dan potensi pengembangannya oleh generasi muda.
3.            Memperkenalkan Dewan Koordinator Pers Mahasiswa (DKPM) IDIA Prenduan sebagai sebuah lembaga pers mahasiswa di Kampus IDIA Prenduan kepada masyarakat Madura.
E.     Bentuk dan Kegiatan
Bentuk Kegiatan dari kegiatan ini adalah :
1.            Lomba Baca Puisi Dan Dialog Bersama Sastrawan Nasional
F.      Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu dan tempat diselenggarakannya kegiatan adalah sebagai berikut :
1.                                                                           Lomba baca puisi dimulai dari tanggal 11-13 Juni 2010 di Gedung Serba Guna (GESERNA) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, dengan perincian acara:
-                                                            Perlombaan peserta putra pukul 08.00 s/d 12.00 WIB
-                                                            Perlombaan peserta putri pukul 13.00 s/d 16.30 WIB
2.                                                                           Dialog bersama sastrawan nasional dan pengumuman pemenang pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB, tanggal 16 Juni 2010 di Gedung Serba Guna (GESERNA) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
G.    Peserta dan Kepanitiaan
1.            Peserta
Peserta dari kegiatan ini meliputi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum   se-Madura.
2.            Panitia
Panitia dari kegiatan ini adalah pengurus Dewan Koordinator Pers Mahasiswa (DKPM) pa/pi IDIA Prenduan (susunan panitia terlampir).
H.    Anggaran Dana
Terlampir
I.       Penutup
Demikian proposal ini kami susun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan. Kami berharap apa yang kita lakukan mampu membawa perubahan positif bagi pengembangan pendidikan di Madura. Oleh karena itu kerjasama dan dukungan sangat kami perlukan guna mensukseskan acara ini. Semoga setiap usaha yang kita lakukan mampu membawa kebaikan dan menjadi amal disisi Allah SWT.
Prenduan, 20 Mei 2010

Proposal Smiloka


SEMILOKA SEHARI 1426 H
PERAN PESANTREN SEBAGAI MITRA STRATEGIS PEMERINTAH
DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN
MADURA YANG MADANI
Di Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN
Sekretariat : Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN,  Sumenep Madura 69465
Telp / Faks    : 0328-821.777  E-mail :tmi_al-amien@plasa.com        PC : 081803186114
                                  

PROPOSAL SEMILOKA SEMADURA
PERAN PESANTREN SEBAGAI  MITRA STRATEGIS PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN MADURA YANG MADANI

A.     LATAR BELAKANG

Membangun masyarakat Madura yang madani merupakan cita-cita besar yang telah lama diimpi-impikan oleh kita bersama. Selain karena berakar dari konotasi makna yang islami, istilah madani  tidak lepas dari konteks Ke-Indonesiaan dan Ke-Maduraan serta relevan dengan semangat, substansi dan momentum reformasi yang telah dan terus akan kita perjuangkan bersama. Karena itu, ini tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata tapi juga harus didukung secara aktif oleh berbagai komponen bangsa lainnya  termasuk pesantren yang kehadirannya memiliki makna signifikan bagi masyarakat Madura pada khususnya.

Minggu, 10 Juni 2012

الـدرر الـبـهـيـة فـي المـسـائـل الـفـقـهـيـة



الـدرر الـبـهـيـة فـي المـسـائـل الـفـقـهـيـة
للإمام الْمُتَفَنِّن العلامة / محمدِ بنِ عليٍّ الشوكانيّ
المتوفَّى سنة 1250 الهجرية، رحمه الله تعالى

 بسم الله الرحمن الرحيم

أحمَد من أمرنا بالتَّفَقُّه في الدِّين. وأشكر من أرشدنا إلى اتباع سيد المرسلين. وأصلي وأسلم على الرسول الأمين، وآله والطاهرين، وأصحابه الأكرمين.

 كتاب الطهارة

بابٌ الْمِياهُ:

الماء طاهر ومطهِّر.
لا يخرجه عن الوصفين إلا ما غيّر ريحه أو لونه أو طعمه من النجاسات، والثاني ما أخرجه عن اسم الماء المطلق من المغيرات الطاهرة.
ولا فرق بين قليلٍ وكثيرٍ، وما فوق القُلَّتين وما دونهما، ومتحركٍ وساكنٍ، ومستعملٍ وغيرِ مستعمل.

Akar pemikiran pesantren


Akar Pemikiran Pesantren
Oleh Al-Zastrouw *
Sejalan dengan maraknya issu terorisme dan gerakan Islam radikal, pesantren saat ini menjadi sorotan dan perhatian masyarakat dunia. Ini terjadi karena pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Sejarah menunjukkan, pesantren tidak saja sebagai pusat pendidikan Islam tetapi juga pusat perjuangan kaum pergerakan nasional dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Oleh karenanya cukup beralasan kalau pesantren menjadi pusat perhatian ketika muncul gerakan radikal yang menggunakan simbol Islam. Disamping itu, beberapa fakta lapangan untuk sementara juga menunjukkan adanya keterkaitan gerakan tersebut dengan beberapa pesantren. Meski masih bersifat dugaan, karena belum dibuktikan secara hukum di depan pengadilan, namun terjadinya penggrebekan dan penggeledahan serta penangkapan beberapa orang pengasuh pondok pesantren,  cukup untuk mempengaruhi opini dan asumsi orang mengenai citra pesantren.

Makalah surat makiyah dan madaniyah


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Para ulama dan ahli tafsir terdahulu memberikan perhatian yang besar terhadap penyelidikan surat-surat Al-Qur’an. Mereka meneliti Al-Qur’an ayat demi ayat dan surat demi surat untuk disusun sesuai dengan nuzulnya, dengan memperhatikan waktu, tempat dan pola kalimat. Bahkan lebih dari itu, mereka mengumpulkannya sesuai dengan waktu, tempat dan pola kalimat. Cara demikian merupakan ketentuan cermat yang memberikan kepada peneliti obyektif, gambaran mengenai penyelidikan ilmiah tentang ilmu Makkiyah dan Madaniyah.

RPP


RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah          : P.P. Aulia Cendikia
Mata Pelajaran            : Ilmu Tadjwid
Kelas/Semester            : III/I

Standar Kompetensi :
Menguasai macam-macam hokum Mad secara lebih luas dan mendalam dari buku diktat yang telah ditentukan.
Kompetensi Dasar :
Mampu Memahami dan membedakan macam-macam hokum Mad dalam beberapa contoh yang bervariasi dan bisa menyebutkan secara terperinci.

Makalah pengelolaan kelas


BAB I
PENDAHULUAN
Kegiatan belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsure-unsur manusiawi adalah suatu proses dalam mencapai tujuan pengajaran. Dalam mencapai tujuan pengajara maka diperlukan interaksi antara pendidik dengan anak didiknya. Pendidik berusaha mengatur lingkungan belajar bagi anak didik. Untuk itu bagi pendidik diperlukan pemilihan strategi dan metode  mengajar yang tepat sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien dalam proses belajar mengajar.

RUMUSAN MASALAH
a.       Pengertian pengelolaan kelas
b.      Prinsip-prinsip pengelolaan kelas
c.       Komponen-komponen pengelolaan kelas

Makalah Instumen evaluasi pembelajaran


INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN
Pembelajaran tingkat satuan pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kurikulum tigkat satuan pendidikan yang mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistam yang terdiri dari beberapa unsure yang sistematis yaitu masukan, proses dan keluaran atau hasil. Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada evaluasi karakterisitik peserta didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan prasarana pembelajaran, karakterisitik dan kesiapan pendidik, kurikulum dan materi pembelajaran, strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran, serta keadaan lingkungan dimana pembelajaran berlangsung.

Makalah psikologi pembelajaran


Dunia pendidikan mengartikan diagnosis kesulitan belajar sebagai segala usaha yang dilakukan untuk memahami dan menetapkan jenis dan sifat kesulitan belajar. Juga mempelajari faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar serta cara menetapkan dan kemungkinan mengatasinya, baik secara kuratif (penyembuhan) maupun secara preventif (pencegahan) berdasarkan data dan informasi yang seobyektif mungkin.

Makalah prinsif-prinsif pengelolaan kelas



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Masih banyak orang beranggapan bahwa media pembelajaran selalu terkait dengan teknologi tinggi, elektronika, digital dan biaya mahal contohnya yang kita kenal sebagai media pembelajaran adalah media cetak, Transparansi, Audio, Slide Suara, Video, Multimedia Interaktif, E-learning. Namun sesungguhnya hal tersebut merupakan pemikiran yang sempit dalam memaknai arti dari sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis, dari media pembelajaran yang sederhana dan murah hingga media pembelajaran yang canggih dan mahal, dari mulai rakitan pabrik hingga buatan tangan para guru itu sendiri, bahkan ada pula yang telah disediakan oleh alam dilingkungan sekitar kita yang dapat langsung digunakan sebagai media pembelajaran.

Makalah toriqotul qiro'ah


BAB I
PENDAHULUAN
Banyak cara yang ditempuh agar seseorang memperoleh pengetahuan. Salah satunya yang paling sering dilakukan adalah melalui membaca. Ini tampaknya lebih menekankan pengertian membaca sebagai kegiatan seseorang untuk memperoleh pengetahuan melalui sumber-sumber tekstual, seperti buku, artikel, koran dan sebagainya, dengan menggunakan mata atau pandangan sebagai alat utamanya. Jika diperluas lagi, pengertian membaca di sini sebenarnya tidak hanya persepsi visual terhadap bentuk rangkaian kata-kata (verbal) tetapi juga dapat berbentuk simbol-simbol lainnya, seperti angka, gambar, diagram, tabel yang di dalamnya memiliki arti dan maksud tertentu.

Makalah Campur kode alih kode


BAB I
PENDAHULUAN
Sebagai seseorang yang terlibat dengan penggunaan dua bahasa, dan juga terlibat dengan dua budaya, seorang dwibahasawan tentulah tidak terlepas dari akibat-akibat penggunaan dua bahasa itu. Salah satu akibat dari kedwibahasaan adalah adanya tumpang tindih antara kedua sistem bahasa yang dipakainya atau digunakannya unsur-unsur dari bahasa yang satu pada penggunaan bahasa yang lain.
Malmaker (1992: 61-61) membedakan campuran sistem linguistik ini menjadi dua:
a. Alih kode (code switching), yaitu beralih dari satu bahasa ke dalam bahasa lain
dalam satu ujaran atau percakapan; dan
b. Campur kode (code mixing/interference), yaitu penggunaan unsur-unsur bahasa,
dari satu bahasa melalui ujaran khusus ke dalam bahasa yang lain.

RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian alih kode dan campur kode?
2.      Persamaan dan Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
3.      Faktor-faktor penyebab dan tujuan melakukan alih kode atau campur kode
4.      Apa sikap bahasa dan pemilihan bahasa?
















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Persamaan dan Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
Alih Kode
Alih kode adalah peristiwa peralihan dari satu kode ke kode yang lain. Misalnya penutur menggunakan bahasa Indonesia beralih menggunakan bahasa Jawa. Alih kode merupakan salah satu aspek ketergantungan bahasa (language dependency) dalam masyarakat multilingual. Dalam masyarakat multilingual sangat sulit seorang penutur mutlak hanya menggunakan satu bahasa. Dalam alih kode masing-masing bahasa masih cenderung mengdukung fungsi masing-masing dan dan masing-masing fungsi sesuai dengan konteksnya. Appel memberikan batasan alih kode sebagai gejala peralihan pemakaian bahasa karena perubahan situasi. Suwito (1985) membagi alih kode menjadi dua, yaitu
1.      Alih Kode Ekstern. Bila alih bahasa, seperti dari bahasa Indonesia beralih ke bahasa Inggris atau sebaliknya dan
2.      Alih Kode Intern. Bila alih kode berupa alih varian, seperti dari bahasa Jawa ngoko merubah ke krama.
Campur Kode
Campur kode terjadi apabila seorang penutur menggunakan suatu bahasa secara dominan mendukung suatu tuturan disisipi dengan unsur bahasa lainnya. Hal ini biasanya berhubungan dengan karakteristk penutur, seperti latar belakang sosil, tingkat pendidikan, rasa keagamaan. Biasanya ciri menonjolnya berupa kesantaian atau situasi informal. Namun bisa terjadi karena keterbatasan bahasa, ungkapan dalam bahasa tersebut tidak ada padanannya, sehingga ada keterpaksaan menggunakan bahasa lain, walaupun hanya mendukung satu fungsi. Campur kode termasuk juga konvergense kebahasaan, campur kode terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara peranan penutur, bentuk bahasa, dan fungsi bahasa.
Campur kode dibagi menjadi dua, yaitu:
1.      Campur kode ke dalam (innercode-mixing): Campur kode yang bersumber dari bahasa asli dengan segala variasinya
2.      Campur kode ke luar (outer code-mixing): campur kode yang berasal dari bahasa asing.
B.     Persamaan dan Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
Persamaan alih kode dan campur kode adalah kedua peristiwa ini lazin terjadi dalam masyarakat multilingual dalam menggunakan dua bahasa atau lebih. Namun terdapat perbedaan yang cukup nyata, yaitu alih kode terjadi dengan masing-masing bahasa yang digunakan masih memiliki otonomi masing-masing, dilakukan dengan sadar, dan disengaja, karena sebab-sebab tertentu sedangkan campur kode adalah sebuah kode utama atau kode dasar yang digunakan memiliki fungsi dan otonomi, sedangkan kode yang lain yang terlibat dalam penggunaan bahasa tersebut hanyalah berupa serpihan (pieces) saja, tanpa fungsi dan otonomi sebagai sebuah kode. Unsur bahasa lain hanya disisipkan pada kode utama atau kode dasar. Sebagai contoh penutur menggunakan bahasa dalam peristiwa tutur menyisipkan unsur bahasa Jawa, sehingga tercipta bahasa Indonesia kejawa-jawaan.
Thelander mebedakan alih kode dan campur kode dengan apabila dalam suatu peristiwa tutur terjadi peralihan dari satu klausa suatu bahasa ke klausa bahasa lain disebut sebagai alih kode. Tetapi apabila dalam suatu periswa tutur klausa atau frasa yang digunakan terdiri atas kalusa atau frasa campuran dan masing-masing klausa atau frasa itu tidak lagi mendukung fungsinya sendiri disebut sebagai campur kode.
C.    Faktor-Faktor Penyebab Dan Tujuan Melakukan Alih Kode Atau Campur Kode
Beberapa faktor penyebab terjadinya alih kode atau campur kode dipengaruhi oleh konteks dan situasi berbahasa yang dapat diuraikan sebagai berikut:
a. Pembicara dan Pribadi Pembicara
Pembicara kadang-kadang sengaja beralih kode terhadap mitra bahasa karena dia mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Dipandang dari pribadi pembicara, ada berbagai maksud dan tujuan beralih kode antara lain pembicara ingin mengubah situasi pembicaraan, yakni dari situasi formal yang terikat ruang dan waktu ke situasi non-formal yang tidak terikat ruang dan waktu. Pembicara kadang-kadang melakukan campur kode bahasa satu ke dalam bahasa yang lain karena kebiasaan.
b. Mitra Bicara
Mitra bicara dapat berupa individu atau kelompok. Dalam masyarakat bilingual, seorang pembicara yang mula-mula menggunakan satu bahasa dapat beralih kode menggunakan bahasa lain dengan mitra bicaranya yang mempunyai latar belakang bahasa daerah yang sama. Misalnya, pembicara dan mitra bicara menggunakan bahasa Jawa beralih kode menggunakan bahasa Inggris karena hadirnya seorang penutur Inggris yang memasuki situasi pembicaraan.
c. Tempat Tinggal dan Waktu Pembicaraan Berlangsung
Pembicaraan yang terjadi di sebuah terminal bus di Indonesia, misalnya, dilakukan oleh masyarakat dari berbagai etnis. Dalam masyarakat yang begitu kompleks semacam itu akan timbul banyak alih kode dan campur kode. Alih bahasa atau campur kode itu dapat terjadi dari bahasa yang satu ke dalam bahasa yang lain, dan dari tingkat tutur suatu bahasa ke tingkat tutur bahasa yang lain.
e. Topik
Dengan menggunakan topik tertentu, suatu interaksi komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Alih kode dan campur kode dapat terjadi karena faktor topik. Topik ilmiah disampaikan dalam situasi formal dengan menggunakan ragam formal.
D.    Apa sikap dan pengalihan bahasa
Sikap Bahasa
Dalam bahasa Indonesia kata sikap dapat mengacu pada bentuk tubuh, posisi berdiri yang tegak, perilaku atau gerak-gerik, dan perbuatan atau tindakan yang dilakukan berdasarkan pandangan (pendirian, keyakinan, atau pendapat) sebagai reaksi atas adanya suatu hal atau kejadian. Sesungguhnya, sikap itu adalah fenomena kejiwaan, yang biasanya termanifestasi dalam bentuk tindakan atau perilaku.
Menurut Allport (1935), sikap adalah kesiapan mental dan saraf, yang terbentuk melalui pengalaman yang memberikan arah atau pengaruh yang dinamis kepada reaksi seseorang terhadap semua objek dan keadaan yang menyangkut sikap itu.
Ketiga ciri sikap bahasa yang dikemukakan Garvin dan Mathiot itu adalah (1) kesetiaan bahasa (language loyalty) yang mendorong masyarakat suatu bahasa mempertahankan bahasanya, dan apabila perlu mencegah adanya pengeruh bahasa lain, (2) kebanggaan bahasa (language pride) yang mendorong orang mengembangkan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas dan kesatuan masyarakat, (3) kesadaran adanya norma bahasa (awareness of the norm) yang mendorong orang menggunakan bahasanya dengan cermat dan santun dan merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap perbuatan yaitu kegiatan menggunkan bahasa (language use).
Pemilihan Bahasa
Menurut Fasold (1984) hal pertama yang terbayang bila kita memikirkan bahasa adalah ”bahasa keseluruhan” (whole languages). Dalam hal memilih ini ada tiga jenis pilihan yang dapat dilakukan, yaitu, pertama dengan alih kode, artinya, menggunakan satu bahasa pada satu keperluan, dan menggunakan bahasa yang lain pada keperluan lain. Kedua dengan melakukan campur kode, artinya, menggunakan satu bahasa tertentu dengan dicampuri serpihan-serpihan dari bahasa lain. Ketiga, dengan memlilih satu variasi bahasa yang sama.
Penelitian terhadap pemilihan bahasa menurut Fasold dapat dilakukan berdasarkan tiga pendekatan disiplin ilmu, yaitu berdasarkan pendekatan sosiologi, pendekatan psikologi sosial, dan pendekatan antropologi. Di Indonesia secara umum digunakan tiga buah bahasa dengan tiga domain sasaran, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.
KESIMPULAN
Alih kode (code switching), yaitu beralih dari satu bahasa ke dalam bahasa lain
dalam satu ujaran atau percakapan.
Campur kode (code mixing/interference), yaitu penggunaan unsur-unsur bahasa,
dari satu bahasa melalui ujaran khusus ke dalam bahasa yang lain.
            Thelander mebedakan alih kode dan campur kode dengan apabila dalam suatu peristiwa tutur terjadi peralihan dari satu klausa suatu bahasa ke klausa bahasa lain disebut sebagai alih kode. Tetapi apabila dalam suatu periswa tutur klausa atau frasa yang digunakan terdiri atas kalusa atau frasa campuran dan masing-masing klausa atau frasa itu tidak lagi mendukung fungsinya sendiri disebut sebagai campur kode.
            Faktor penyebab terjadinya alih kode atau campur kode dipengaruhi oleh konteks dan situasi berbahasa
Garvin dan Mathiot itu adalah (1) kesetiaan bahasa (language loyalty) yang mendorong masyarakat suatu bahasa mempertahankan bahasanya, dan apabila perlu mencegah adanya pengeruh bahasa lain, (2) kebanggaan bahasa (language pride) yang mendorong orang mengembangkan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas dan kesatuan masyarakat.
Ada tiga jenis pilihan yang dapat dilakukan, yaitu, pertama dengan alih kode, campur kode,  dan memlilih satu variasi bahasa yang sama.





DAFTAR PUSTAKA
Ø  Rahardi, Kunjana. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta; 2001
Ø  Suwito. Awal Pengantar Sosiolinguistik, Teori dan Problema. Surakarta; 1983.







Diberdayakan oleh Blogger.