base target='_blank' /> RPP ~ KUMPULAN ILMU-ILMU
Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 

Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 


Pages

Minggu, 10 Juni 2012

RPP


RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Madrasah          : P.P. Aulia Cendikia
Mata Pelajaran            : Ilmu Tadjwid
Kelas/Semester            : III/I

Standar Kompetensi :
Menguasai macam-macam hokum Mad secara lebih luas dan mendalam dari buku diktat yang telah ditentukan.
Kompetensi Dasar :
Mampu Memahami dan membedakan macam-macam hokum Mad dalam beberapa contoh yang bervariasi dan bisa menyebutkan secara terperinci.

Indikator Pencapaian :
  1. Siswa mampu membedakan macam-macam Mad
  2. Siswa mampu membuat contoh kalimat dari macam-macam Mad
  3. Siswa mampu menghafal Mad secara tepat dan terperinci
Alokasi Waktu :
2 Jam pelajaran (2x45 Menit)
A.   Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu memahami  macam-macam Mad dengan baik
2.    Siswa mampu membuat contoh kalimat dalam konteks bervariasi
3.    Siswa mampu mencari contoh-contoh Mad yang ada di Al-Qur’an
B.    Materi Pokok
Hal Bacaan Panjang Atau Mad
C.   Metode Pembelajaran
Penjelasan, Istimbatul Mad, Tanya Jawab
D.   Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Kegiatan
Metode
Bahan
1
2
3
4



7 Menit
Mukaddimah
a.    Guru masuk kelas dan mengucapkan salam
b.   Guru Menertibkan kelas dan memimpin do’a
c.    Guru menanyakan pelajaran dan tanggal serta menulisnya di papan tulis
d.   Guru menanyakan dan mengulangi pelajaran sebelumnya dengan memberikan beberapa pertanyaan
e.    Guru dan murid menyepakati pokok bahasan yang akan dipelajari dan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai


Ceramah, Apersepsi dan Tanya Jawab



Pendahuluan



Pre-test


Bagan









25 Menit
Kegiatan Inti/Penyajian Materi (Presentasi, Asosiasi, Generalisasi)
a.    Guru meminta kepada murid untuk membuat contoh kalimat (Mad) tentang pokok bahasan dan menulisnya langsung di papan tulis
b.      Guru bersama murid membedah contoh-contoh tersebut secara bertahap sampai murid mampu menarik kesimpulan kaidah sendiri
c.    Guru menulis kaidah yang disimpulkan di papan tulis
d.   Menerangkan perbedaan-perbedaan mad
e.    Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk :
-      Mempertajam pemahamannya tentang Mad dan contoh-contohnya
-      Mencatat poin-poin penting
-      Bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
Munaqosyah, Induktif dan Istimbatul Mad
Presentasi, Asosiasi, Generalisasi dan Konklusi tentang hukum bacaan panjang atau Mad dengan macamnya berikut contoh masing-masing



13 Menit
Penutup (Postes dan Aplikasi)
a.     Guru bertanya tentang mad yang telah dipelajari
b.    Guru meminta kepada murid menyebutkan macam-macam mad
c.     Guru menyuruh murid untuk memberikan contoh dari beberapa mad
Tanya Jawab Quesioner
Post-Test
E.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan  bersamaan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas melalui tes lisan, tes tulis dan praktikum
1.     Tes Lisan: Dilakukan dengan memberikan beberapa soal secara lisan, baik defenisi, isi, materi pelajaran, maupun menyuruh siswa untuk menjelaskan kembali tentang materi yang telah dipelajarinya.
2.     Tes Tulis: Dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di akhir waktu atau memberinya PR yang dikerjakan di kamarnya masing-masing
3.     Tes Praktikum  : Dilakukan dengan menyuruh siswa mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajarinya dengan melibatkan siswa lain untuk memberikan kritik dan saran terhadap temannya yang melakukan praktekum
F.    Sumber Belajar
a.       Pelajaran Ilmu Tajwid
b.      Al-Qur’an

Guru Mata Pelajaran,


(Dumyati)



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.