RENCANA
PELAKASANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : P.P. Aulia Cendikia
Mata Pelajaran : Ilmu Tadjwid
Kelas/Semester : III/I
Standar
Kompetensi :
Menguasai macam-macam
hokum Mad secara lebih luas dan mendalam dari buku diktat yang telah ditentukan.
Kompetensi Dasar :
Mampu Memahami dan membedakan macam-macam hokum Mad dalam beberapa contoh yang bervariasi dan bisa menyebutkan secara
terperinci.
Indikator Pencapaian :
- Siswa mampu membedakan macam-macam Mad
- Siswa mampu membuat contoh kalimat dari macam-macam Mad
- Siswa mampu menghafal Mad secara tepat dan terperinci
Alokasi Waktu :
2 Jam pelajaran (2x45 Menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
mampu memahami macam-macam Mad dengan baik
2.
Siswa
mampu membuat contoh kalimat dalam konteks bervariasi
3.
Siswa
mampu mencari contoh-contoh Mad yang
ada di Al-Qur’an
B.
Materi
Pokok
Hal
Bacaan Panjang Atau Mad
C.
Metode
Pembelajaran
Penjelasan, Istimbatul Mad, Tanya Jawab
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode
|
Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
Menit
|
Mukaddimah
a.
Guru
masuk kelas dan mengucapkan salam
b.
Guru
Menertibkan kelas dan memimpin do’a
c.
Guru
menanyakan pelajaran dan tanggal serta menulisnya di papan tulis
d.
Guru
menanyakan dan mengulangi pelajaran sebelumnya dengan memberikan beberapa
pertanyaan
e.
Guru dan
murid menyepakati pokok bahasan yang akan dipelajari dan tujuan-tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
|
Ceramah,
Apersepsi dan Tanya Jawab
|
Pendahuluan
Pre-test
Bagan
|
25
Menit
|
Kegiatan Inti/Penyajian Materi
(Presentasi, Asosiasi, Generalisasi)
a.
Guru
meminta kepada murid untuk membuat contoh kalimat (Mad) tentang pokok
bahasan dan menulisnya langsung di papan tulis
b.
Guru
bersama murid membedah contoh-contoh tersebut secara bertahap sampai murid
mampu menarik kesimpulan kaidah sendiri
c.
Guru
menulis kaidah yang disimpulkan di papan tulis
d.
Menerangkan
perbedaan-perbedaan mad
e.
Guru
memberikan kesempatan kepada murid untuk :
-
Mempertajam
pemahamannya tentang Mad dan contoh-contohnya
-
Mencatat
poin-poin penting
-
Bertanya
tentang hal-hal yang belum dipahami
|
Munaqosyah,
Induktif dan Istimbatul Mad
|
Presentasi,
Asosiasi, Generalisasi dan Konklusi tentang hukum bacaan panjang atau Mad
dengan macamnya berikut contoh masing-masing
|
13
Menit
|
Penutup (Postes dan Aplikasi)
a.
Guru
bertanya tentang mad yang telah dipelajari
b. Guru meminta kepada murid menyebutkan
macam-macam mad
c.
Guru
menyuruh murid untuk memberikan contoh dari beberapa mad
|
Tanya
Jawab Quesioner
|
Post-Test
|
E.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
bersamaan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas melalui tes lisan,
tes tulis dan praktikum
1.
Tes Lisan:
Dilakukan dengan memberikan beberapa soal secara lisan, baik defenisi, isi,
materi pelajaran, maupun menyuruh siswa untuk menjelaskan kembali tentang
materi yang telah dipelajarinya.
2.
Tes Tulis:
Dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di akhir waktu
atau memberinya PR yang dikerjakan di kamarnya masing-masing
3.
Tes
Praktikum : Dilakukan dengan menyuruh
siswa mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajarinya dengan melibatkan
siswa lain untuk memberikan kritik dan saran terhadap temannya yang melakukan
praktekum
F.
Sumber
Belajar
a.
Pelajaran
Ilmu Tajwid
b.
Al-Qur’an
|
Guru Mata Pelajaran,
(Dumyati)
|
0 komentar:
Posting Komentar