DAPTAR PUSTAKA
Afifuddin.
2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Ar,
Samsuddin.2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa,
Bandung:
Rosda Karya.
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:
Rineka Cipta.
------------------------,
1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka
Cipta.
Bachtiar,
Harsja,W. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Wali Press.
Dahlan,
Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab.
Surabaya:
Al-Ikhlas.
Fachrurrazi
Aziz, dkk. 2012. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania
Hadi,
Amirullah, dkk. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Bandung:
Pustaka Setia.
Hamalik,
Oemar. 2008. Proses Belajara Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid,
Abdul dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab.
Yogyakarta:
UIN-Malang.
Hermawan,
Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.
Bandung: Rosda Karya.
Mujib
Fathul. 2010. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia
Iskandarwassid,
dkk. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung:
Rosda Karya.
Izzan,
Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.
Bandung:
Humaniora.
Makruf,
Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif.
Semarang:
Need’s Press.
Mukhlis,
Ahmad. 2009. مهارة الكلام و طريقة تدريسها .
STIN
Pamekasan Press: Keben Perdana Malang.
Musytofa,
Saiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif.
Malang:
UIN-Malik Press.
Salim
Achmad Gazali. Pelajaran Bahasa Arab Muhadatsah dan Muthola’ah Arobiyah.
Sugiono.
2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung:
Alfabeta.
Syihabuddin.
2005. Penerjemahan Arab Indonesia (Teori dan Praktek). Bandung:
Humaniora.
Lampiran:
I
PEDOMAN WAWANCARA
A.
Wawancara
dengan pengasuh
1.
Apa prongram
yang di gunakan dalam pembelajaran bahasa Arab?
2.
Apa saja
metode yang digunakan dalam pembalajaran muhadatsah?
3.
Mengapa
menggunakan metode tersebut?
4.
Apa
kendala yang dihadapi pondok dalam pembelajaran muhadatsa dan apa solusinya?
5.
Apa
tujuan utama yang hendak di capai dari penerapan pembelajaran muhadatsah
yang bapak laksanakan?
B.
Wawancara
dengan guru
1.
Bagaimana
langkah-langkah penerapan pembelajaran muhadatsah
yang bapak laksanakan?
2.
Apa
metode yang digunakan dalam pembelajaran muhadatsah
yang bapak terapkan?
3.
Apa
faktor pendukung dalam pembelajaran muhadatsah?
4.
Bagaimana
sikap santri terhadap mata pelajaran muhadatsah?
C.
Wawancara
dengan santri
1.
Apa
metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran muhadatsah?
2.
Buku
pelajaran apa yang digunakan dalam pembelajaran muhadatsah?
3.
Apa
anda cocok dengan metode yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran
bahasa Arab?
Lampiran II
PEDOMAN
OBSERVASI
No
|
Kegiatan
|
Uraian
|
1
|
Metode pembelajaran
muhadatsah
|
|
2
|
Langkah-langkah
pembelajaran muhadatsah
|
|
3
|
Aktifitas
belajar santri
|
|
4
|
Sikap belajar
santri
|
|
5
|
Faktor
Penghambat dan pendukung di dalam pembelajaran muhadatsah
|
|
Lampiran III
PEDOMAN
DOKUMENTASI
No
|
Dokumen
|
Kondisi
|
1
|
Persiapan
Mengajar (Rencana Pembelajaran)
|
|
2
|
Foto Kegiatan
|
|
3
|
Buku Paket
|
|
4
|
Jumlah santri
|
|
5
|
Jumlah dan nama
pengajar
|
|
0 komentar:
Posting Komentar