base target='_blank' /> LPJ BEM ~ KUMPULAN ILMU-ILMU
Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 

Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 


Pages

Kamis, 14 Juni 2012

LPJ BEM



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
 (PRESIDEN MAHASISWA, SEKRETARIS JENDRAL DAN MENTERI KEUANGAN)
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) 2010-2011

Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh Pon-Pes Al-Amien Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III Bagian Kemahasiswaan IDIA Prenduan
Civitas Akademika IDIA Prenduan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Assalamualaikum, Wr. Wb

A.   MUKADDIMAH
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan segala aktifitas.
Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias meneladani sunnah-sunnah beliau.
Kami dari segenap Jajaran Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IDIA Prenduan  Masa Bakti 2010-201 menyusun Laporan Pertanggung Jawaban ini sebagai suatu kewajiban dan konsekuensi kita sebagai pemegang amanah kepemimpinan sebagaimana sabda nabi “Kullukum raa’in wa kullukum mas’uulun ‘an ra’iyatih”, “Setiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.” Dan kami juga berharap agar Laporan Pertanggung Jawaban ini dapat menjadi cerminan dan ikhtibar untuk kepengurusan BEM  selanjutnya untuk lebih baik.
Kepengurusan BEM IDIA Prenduan yang telah dipercayakan kepada kami menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan tak akan pernah terlupakan, karena dari sanalah kami belajar arti makna kehidupan, makna kepemimpinan, organisasi, dan banyak hal yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu dalam lembaran ini. Terima kasih IDIA ku tercinta yang telah memberikan pendidikan dan pengalaman kepada kita untuk lebih siap menyongsong masa depan dengan penuh kegemilangan dan kebanggaan. Lebih khusus kami haturkan terima kasih kepada:

1.       Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
2.       Rektor IDIA Prenduan
3.      Purek III Bid. Kemahasiswaan
4.      Civitas Akademika IDIA Prenduan
5.      Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan

Atas segala arahan, nasehat, bimbingan, kritik dan saran membangun selama kepengurusan ini serta dukungan moral, material yang tak henti-hentinya kepada kami.
Sebagai bukti profesionalisme dan tanggung jawab kami dalam menjalankan roda kepengurusan BEM IDIA Prenduan, maka kami sengaja dan penuh kesadaran untuk menyusun Laporan Pertanggung Jawaban ini selama satu periode. Oleh karena itu kami mohon maaf kepada semua pihak jika terdapat kekeliruan dan kealpaan dalam pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban ini.
Semoga segala apa yang telah terjadi dapat memberikan hikmah dan pelajaran yang berharga bagi kita semua, dan semoga kegiatan ini dapat menjadikan silaturahmi diantara semua pihak yang terlibat agar semakin erat dan bermanfaat, dan dapat menjadi amal shalih di sisi Allah SWT.  Amien.

B.   SUSUNAN PERSONALIA
Pada hari senin malam, tanggal 08 November 2010, kami di lantik dan dikokohkan oleh Rektor IDIA Prenduan sebagai pengurus BEM IDIA Prenduan masa bakti 2010-2011, dengan formasi kepengurusan sebagai berikut:

Ô                                                                Dewan Penasehat  :
µ                                                                                                              Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan
µ                                                                                                              Rektor IDIA Prenduan
µ                                                                                                              Purek I Bidang Akademik
µ                                                                                                              Purek II Bidang Keuangan
µ                                                                                                              Purek III Bidang Kemahasiswaan
µ                                                                                                              Kepala BAAK IDIA Prenduan
Ô                                                                Penanggung Jawab:
µ                                                                                                              Dewan Konsultan Mahasiswa (DKM)

Ô                                                                PRESIDEN                                                                 : Joko Andy (Intensif)
Ô                                                                WAPRES I                                                                  : Moh. HEfni Mubarok (Plus)
Ô                                                                WAPRES II                                                                : Suryono (Reguler)
Ô                                                                SEKJEND                                                                    :
µ        Aris Kurniawan (Intensif)
µ        Ghozi Mubarok (Reguler)
Ô    MENKEU                   :
µ        Feri Ariyanto (Intensif)
µ        Saiful Bahri (Plus)
µ        Zaini (Reguler)
Ô                                                                MENDAGRI                                                              :
µ        Muhammad Qosim (Intensif)
µ        Ariyadi (Reguler)
Ô                                                                MENLU                                                                       :
µ        Hermanto (Intensif)
µ        Iryon Priyadi (Reguler)
Ô                                                                MENKORA                                                                :
µ        Moh. Holis (Intensif)
µ        Mahmudi (Intensif)
µ        Moh Hilali (Plus)
µ        Mahmud (Reguler)
µ        Hidayat Hendriyanto (Reguler)
µ        Masud (Reguler)
µ        Edi Kusnadianto (Reguler)


Ô                                                                MENDIKRIS                                                              :
µ                                                                                                              Moh. Fauqon Nuri (Intensif)
µ        Fajar Firmansyah (Intensif)
µ        Khorul Rohman (Plus)
µ        Miftahul Anwar (Plus)
µ        Suaidi (Reguler)
µ        Suhaidi (Reguler)
µ        Zainal Abidin(Reguler)
µ        Moh. Rifki (Reguler)
µ        Ramsi (Reguler)
Ô                                                                MENSYARDA                                                          :
µ        Irwan Maulana (Intensif)
µ        Rosyidi (Intensif)
µ        Samsul Arifin (Plus)
µ        Romdhoni (Plus)
µ        Moh. Fauzi (Reguler)
µ        Moh. Mansyur (Reguler)
µ        Mukti Ali (Reguler)
Ô                                                                MENKANTIB                                                            :
µ        M. Hazin (Intensif)
µ        Ahmad Yani (Intensif)
µ        Arifin (Intensif)
µ        Eko Purnomo (Reguler)
Ô                                                                MENDIKBA                                                               :
µ                                                                                                              Hilmi (Intensif)
µ                                                                                                              Achmad Jedi (Intensif)
µ                                                                                                              Moh. Arman (Intensif)
µ                                                                                                              Adam Malik (Plus)
µ                                                                                                              Ahmad Ridhoi (Reguler)

C.   EVALUASI PROGRAM KERJA

1.        PRESIDEN MAHASISWA (Presma)

No
PROGRAM KERJA
ANALISA
KETERANGAN
1.
Membangun dan meningkatkan kualitas program BEM IDIA Prenduan.
a.   Melaksanakan fungsi top leader dan manajerial bagi seluruh manajemen BEM IDIA Prenduan.

b.    Membangun, membina & mengembangkan manajemen BEM IDIA PRenduan.

c.    Melakukan koordinasi kerja antar semua departemen dalam BEM IDIA Prenduan.

d.   Mewakili nama BEM  IDIA Prenduan dalam kegiatan yang berkaitan dengan pengkajian, pelatihan, pengembangan SDM,  didalam maupun di luar BEM IDIA Prenduan.

e.   Melakukan harmonisasi, koordinasi &  sinkronisasi kerja antar lembaga keorganisasi- an di lingkungan Al-Amien Prenduan.

f.     Menghadiri undangan yang di tujukan kepada BEM IDIA dengan fasilitas dari IDIA Prenduan.



L


L


L



L




L


L


Adanya rasa kesadaran kepemimpinan & berorganisasi dari tiap pengurus BEM.

Adanya kesadaran & keinginan untuk menjadi lebih baik lagi.

Adanya kesadaran dan kerja keras dari tiap Departemen.

Adanya rasa tanggung jawab dan keinginan berkembang dalam segala disiplin ilmu.


Adanya rasa tanggung jawab dan semangat kebersamaan dari semua pihak.

Adanya rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial.
2.
Membina dan mengembangkan seluruh personel BEM IDIA Prenduan.
a.      Membangun, membina & mengembangkan seluruh personel BEM IDIA PRenduan dalam bentuk learning by doing dalam berbagai kesempatan.

b.      Membina personel dalam bentuk program yang sistematis sesuai dengan kebutuhan.

c.       Melakukan pelatihan keorganisasian dasar, menengan dan lanjutan kepada kader-kader di keorganisasian IDIA Prenduan.



L



L


L


Adanya rasa tanggung jawab sebagai fungsi top leader dalam kepengurusan BEM.


Adanya rasa tanggung jawab & kerja sama antar pengurus.

Adanya kerja sama dan keinginan yang kuat dari anggota .
3.
Melakukan peningkatan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait, antara lain:
a.      BEM IDIA Prenduan dengan Dewan Konsultan Mahasiswa (DKM) IDIA Prenduan.

b.      BEM IDIA Prenduan dengan lembaga keorganisasian di lingkungan Al-Amien Prenduan.

c.       BEM IDIA Prenduan dengan organisasi luar baik perguruan tinggi, organisasi sosial, politik, keagamaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat.





L




Adanya kesadaran dalam berorganisasi dan ukhuwah islamiyah antara semua pihak.
4.
Berkonsultasi dan menyampaikan laporan berkala  dan insidentil kepada:
a.      Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

b.      Dewan Konsultan Mahasiswa (DKM) IDIA Prenduan

c.       Pihak-pihak lain yang terkait.




L






Adanya rasa tanggung jawab & semangat saling menghormati antar pihak-pihak terkait.
5.
Menanamkan budaya kesadaran ilmiah, kesadaran kepemimpinan dan kesadaran manajerial di lingkungan BEM IDIA Prenduan dan lembaga keorganisasian di lingkungan Al-Amien Prenduan.


L
adanya kesadaran dan kerja sama serta kesadaran kepeimpinan dari semua pihak.





2.      SEKRETARIS JENDRAL (Sekjend)

No
Program Kerja
ANALISA
KETERANGAN
1.
Mengelola dan memperbaiki serta meningkatkan kualitas program sekretaris BEM IDIA Prenduan.
a.      Mengelola, memperbaiki & mengembang-kan administrasi BEM IDIA Prenduan.

b.      Menyusun program pokok kegiatan BEM IDIA Prenduan.

c.       Menyusun kalender kerja tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan harian BEM IDIA Prenduan.

d.      Mendampingi Presiden BEM IDIA dalam pelaksanaan tugasnya.

e.      Melaksanakan diklat kesekretariatan di tingkat local, regional atau nasional.


L


L



L


L


L


Adanya kesadaran & keinginan untuk menjadi lebih baik lagi.

Adanya kesadaran & penting- nya agenda BEM.

Adanya kesadaran & tanggung jawab bagian  kesekretariatan.

Adanya kesadaran & kerjasama kedua belah pihak.

Adanya rasa tanggung jawab dan keinginan berkembang.
2.
Membina dan mengembangkan seluruh  personel sekretaris.
a.      Membangun, membina dan mengembang-kan seluruh personel sekretaris di lingkungan  organisasi IDIA Prenduan.

b.      Membina personel sekretaris dalam bentuk program yang sistematis sesuai dengan kebutuhan.



L



L



Adanya rasa tanggung jawab sebagai eksekutive secretary dalam organisasi mahasiswa.

Adanya rasa tanggung jawab & kerja sama antar pengurus dan semua pihak
3.
Berkonsultasi dan menyampaikan laporan berkala dan insidentil kepada pihak-pihak terkait.

L
Adanya kesadaran dalam berorganisasi dan ukhuwah islamiyah antara semua pihak.
4.
Membangun budaya kesadaran ilmiah, kepemimpinan, dan kesadaran menejerial dalam bidang tertib administrasi dan manajemen di lingkungan organisasi di IDIA Prenduan.
L
Adanya rasa tanggung jawab & semangat saling menghormati antar pihak-pihak terkait.


3.      MENTERI KEUANGAN (MENKEU)

No
ROGRAM KERJA
ANALISA
KETERANGAN
1.
Mengelola dan memperbaiki serta meningkatkan kualitas program BEM IDIA Prenduan.
a.      Mengelola, memperbaiki & mengembang-kan administrasi keuangan dan pendanaan BEM IDIA Prenduan.

b.      Menggali sumber dana halal yang memungkinkan.

c.       Meminta dan memeriksa laporan keuangan setiap departemen yang ada BEM.
d.      Bertanggung jawab atas keluar masuknya uang BEM IDIA Prenduan.



L


L


L

L


Adanya rasa kesadaran kepemimpinan & berorganisasi dari tiap pengurus BEM.

Adanya kesadaran & keinginan untuk menjadi lebih baik lagi.

Adanya kesadaran dan kerja sama dari tiap Departemen.
Adanya rasa tanggung jawab an kesadaran hak milik
2.
Membina dan mengembangkan seluruh personel keuangan dilingkungan organisasi IDIA Prenduan.
a.      Membangun, membina & mengembang-kan seluruh personel keuangan di lingkungan organisasi kemahasiswaan IDIA prenduan.

b.      Membina personel keuangan dalam bentuk program yang sistematis sesuai dengan kebutuhan.

c.       Melaksanakan diklat kebendaharaan di tingkat lokal, regional dan nasional.



L


L



L



Adanya rasa tanggung jawab & kerja sama antar pengurus  dan

Adanya kerja sama dan keinginan yang kuat dari anggota.

Adanya kerja sama antara pengurus dan anggota.
3.
Berkomunikasi dan menyampaikan laporan berkala dan insidentil kepada pihak-pihak terkait.
L
Adanya kesadaran dalam berorganisasi
4.
Menanamkan budaya kesadaran ilmiah, kesadaran kepemimpinan dan kesadaran menejerial dalam bidang tertib administrasi dan menejemen keuangan serta inventaris BEM.


L
Adanya rasa tanggung jawab & semangat saling menghormati antar pihak-pihak terkait.
Keterangan:
L             : Lancar
KL          : Kurang Lancar
TTL        : Tidak Terlaksana

D.     ANALISIS PROGRAM KERJA
Presiden Mahasiswa
Jenis Program
L
KL
TTL
Prosentase
Semua Program





Sekretaris Jendral
Jenis Program
L
KL
TTL
Prosentase
Semua Program





Menteri Keuangan
Jenis Program
L
KL
TTL
Prosentase
Semua Program





E.      FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
1.        Faktor Pendukung
a.      Adanya tanggung jawab & kesadaran terhadap tugas dan kewajiban.
b.      Adanya koordinasi & kerjasama yang baik antar pengurus BEM.
c.       Adanya bimbingan dan arahan dari pihak atasan

2.      Faktor Penghambat
a.      Kurangnya koordinasi yang baik antar pengurus BEM IDIA Prenduan
b.      Kurangnya sarana dan prasarana kampus.
c.       Kurangnya respon positif dari mahasiswa.


F.      KEJADIAN-KEJADIAN PENTING

No
TANGGAL
KEJADIAN
1
08 November 2010
Pelantikan Pengurus BEM IDIA Prenduan Masa Bakti: 2010-2011
2
12 November 2010
Musyawaroh Kerja (MUKER) perdana Pegurus BEM 2010-2011
3
15 November 2010
Diklat kesekretariatan dan Kebendaharaan anggota DKPM 2010-2011 oleh BEM IDIA Prenduan.
4
16 November 2010
Sillaturrahim dan Buka puasa BEM IDIA Prenduan bersama mahasiswa Intensif IDIA Prenduan
5
17 November 2010
Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha oleh BEM IDIA Prenduan di Desa Bere’ Lorong Bluto Sumenep
6
18 November 2010
Seminar Regional Pluralisme Agama BEM IDIA Prenduan bekerjasama dengan Organisasi Santri Nurul Huda (OSDA) di Nurul Huda Pekandangan.
7
18 November 2010
Rapat Pengurus BEM Reguler di Pekandangan
8
21 November 2010
Alkhitobah al Ijtima’iyah oleh Menteri Pendidikan Bahasa Asing (MENDIKBA) BEM IDIA Prenduan.
9
31 Desember 2010
Bakti Sosial dan Ceramah Agama BEM Reguler bersama KH. Drs. Saifurrahman Nawawi di desa Kembang Kuning kec. Larangan Pamekasan
10
26 Februari 2011
Seminar Regional Madura “Urgensi Historisitas dan Strategi Pendidikan Rosulullah SAW dalam Mewujudkan Masyarakat MAdani” dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW oleh BEM IDIA Prenduan di desa Errabu Bluto Sumenep.
11
27 Februari 2011
Gebyar Maulid Nabi dan Ceramah Agama Dalam Rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bersama KH. Drs. Saifurrahman Nawawi di desa Errabu Bluto Sumenep
12
31 Maret 2011
Bazar Buku Murah dari LKiS dan AMC Book Store oleh BEM IDIA Prenduan dalam rangka memeriahkan acara Seminar Bahasa  Inggris Internasional BEM IDIA Prenduan.
13
01 April 2011
Seminar Bahasa Inggris Internasional “The Importance of English for Future Success” oleh BEM IDIA Prenduan bekerja sama dengan Amirican Consulate General Surabaya.
14
08 April 2011
Tasyakuran Panitia Seminar Bahasa Inggris Internasional
15
14 April 2011
Seminar Regional Ekonomi Pembangunan oleh BEM IDIA Prenduan bekerja sama dengan BEM Sumenep di hotel Safari Jaya Sumenep.
16
19 Mei 2011
Tadabbur Alam dan Bakti Sosial oleh BEM IDIA Prenduan di PP. Annuraniyah  desa Padike Talango Sumenep.
17
22 Mei 2011
Al-Khitobah Al-Ijtimaiyah Oleh Menteri Pendidikan Bahasa Asing (MENDIKBA) BEM IDIA Prenduan.
18
10 Juni 2011
Bedah Buku “Laduni Quotient” bersama Ilung S. Enha (penulis buku “Laduni Quotient”) oleh BEM IDIA Prenduan
19
17-24 Juni 2011
BEM Festival “Jalani Hari dengan Nilai-nilai Islami” oleh BEM IDIA Prenduan.
20
31 Juli 2011
Bakti Sosial dan Training Pengembangan Diri oleh BEM IDIA Prenduan di Yayasan Panti Asuhan PP. Zainul Ibad Prenduan
21
12 Agustus 2011
Presma dan Sekjend Menghadiri undangan acara Buka Puasa Bersama di rumah kepala American Consulate General (Konjend Amerika) di Surabaya
22
28-30 September 2011
Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen (PKM) calon pengurus BEM IDIA Prenduan Periode 2011-2012 oleh BEM IDIA Prenduan
23
07-10 Oktober
Bazar Buku murah dari penerbit LKiS oleh BEM IDIA Prenduan bekerja sama dengan penerbit LKiS Jogjakarta.
24
07-09 Oktober 2011
Orientasi Studi dan Pengenalan Almamater (ORDIPA) oleh BEM IDIA Prenduan.
25
09 Oktober 2011
Acara Inaugurasi peserta ORDIPA 2011
26
14 Oktober 2011
Pembacaan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IDIA Prenduan.
27
14 Oktober 2011
Pemilihan ketua UKM-UKM IDIA Prenduan.
28
24-28 Oktober 2011
Kongres Mahasiswa, Pemilihan Umum Presiden Mahasiswa dan Pelantikan Pengurus BEM IDIA Prenduan masa BAkti: 2011-2012.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.