base target='_blank' /> Tafsir Surat yusuf ayat 2 ~ KUMPULAN ILMU-ILMU
Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 

Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 


Pages

Selasa, 30 April 2013

Tafsir Surat yusuf ayat 2


Tafsir Surat yusuf ayat 2
Surat Yusuf yang terdiri dari 111 ayat ialah termasuk golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah sebelum Rasul hijrah ke Maddinah. Dinamai surat Yusuf karena sebagian besar isinya menceritakan tentang kisah Nabi Yusuf, namun ada satu ayat yang menarik, yakni pada ayat kedua surat ini. Ayat kedua menjelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab, ini sesuai dengan disiplin ilmu yang saya tengah tekuni yaitu jurusan Bahasa Arab. Sebagaimana ayatnya yang berbunyi:
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُون
“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu mengerti.” (Q.S. Yusuf : 2)
Pada ayat ini Allah menegaskan bahwa Dia menurunkan Al-Quran dalam Bahasa Arab yang fasih agar dapat direnungkan dan dipikirkan semua isi dan maknanya. Memang Al-qur’an diturunkan untuk semua manusia, bahkan juga untuk jin tetapi karena yang pertama-tama menerimanya ialah penduduk Mekah, maka wajarlah bila firman itu ditujukan lebih dahulu kepada mereka dan seterusnya berlaku untuk semua umat manusia. Pertama-tama Allah menuntut perhatian orang-orang Quraisy dan orang-orang Arab seluruhnya supaya mereka memperhatikan isinya dengan sebaik-baiknya karena di dalamnya terkandung bermacam-macam ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka di dunia dan akhirat seperti hukum-hukum agama, kisah nabi-nabi dan Rasul-rasul, hal-hal yang bertalian dengan pembangunan masyarakat, pokok-pokok kemakmuran, akhlak, filsafat, tata cara berpolitik baik yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional dan lain sebagainya. Semuanya itu diutarakan dalam Bahasa Arab yang indah susunannya mudah dipahami oleh mereka.
Dalam tafsiran yang lain Ibnu katsir berkata ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2 di atas: “Yang demikian itu (bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam Bahasa Arab) karena Bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas, dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada rosul yang paling mulia yaitu Rosulullah, dengan bahasa yang termulia yaitu Bahasa Arab, melalui perantara malaikat yang paling mulia yaitu malaikat Jibril, ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi yaitu tanah Arab, serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia yaitu Romadhan, sehingga Al-Qur’an menjadi sempurna dari segala sisi.” (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir surat Yusuf).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan Bahasa Arab. Oleh karena itu memahami Bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan Bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).
Jelaslah dari penjelasan-penjelasan di atas bahwa Al-Qur’an yang diturunkan dalam bahasa Arab ialah wajib hukmnya untuk kita pelajari dan berusaha untuk memaknai isi dari Al-Qur’an tersebut, di samping itu pula Al-Qur’an memuat banyak tentang ilmu pengetahuan yang bermanfaat buat kehidupan kita sehari-hari. Sebisa mungkin kita harus mengamalkan isi dari Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari karena secara harfiah Al-Qur’an merupakan imam atau petunjuk buat umat muslim di dunia.
Mempelajari bahasa selain Bahasa Arab seperti Bahasa Inggris dan lainnya dirasa perlu dalam era global ini, seperti kita ketahui bahasa internasional ialah Bahasa Inggris, jadi jika kita mau memasuki dunia internasional kita harus mahir berbahasa Inggris. Pada dasarnya mempelajari bahasa inggris untuk berkomunukasi dan berinteraksi mutlak diperlukan di zaman sekarang. Kita tahu di semua sekolah dari mulai Taman Kanak-Kanak sampai di perguruan tinggi Bahasa Inggris pastilah dipelajari, karena hal inilah yang akan membuka kita ke dunia internasional dan ilmu pengetahuan yang begitu luas.
Mempelajari bahasa untuk umat muslim jelaslah wajib, karena bahasa merupakan alat berkomunikasi yang sangat vital. Tanpa berkomunikasi mana mungkin silaturrahim terwujud, silaturahim terwujud dari komunikasi dan interaksi yang baik antara masing-masing individu, jadi inilah peran penting bahasa dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bahasa pula yang menyatukan umat muslim di dunia ini. Dengan bahasa manusia dapat mengetahui semua yang ada di dunia ini, dengan ini pulalah manusia menjadi tahu akan posisi dirinya di dunia ini dan ia pun akan mengetahui Allah secara lebih dalam, karena dalam Al-Qur’an pun banyak memuat tentang Allah dan Keesaan-Nya. Jadi bahasa sangatlah penting untuk kita pelajari dan kita amalkan di kehidupan kita sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.