base target='_blank' /> RESENSI BUKU ~ KUMPULAN ILMU-ILMU
Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 

Selamat Datang maaf jika didalam blog kami masih banyak kesalahan 


Pages

Selasa, 30 April 2013

RESENSI BUKU


RESENSI BUKU

Judul Buku       : Pengukuran dan Penilaian Pendidikan
Pengarang        : Kusaeri dan Suprananto
Tebal Buku       : XII + 240 halaman
Penerbit            : Graha Ilmu
Tempat Terbit   : Yongyakarta
Tahun Terbit     : 2012
Ukuran             : 23 cm

            Di dalam dunia pendidikan, penilaian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Sistem penilaian yang baik akan mendorong guru menggunakan strategi mengajar yang lebih baik dan memotivasi bahkan “memaksa” anak untuk belajar lebih giat. Oleh karena itu, dalam upaya peningkatan kualitas lulusan diperlukan peningkatan kualitas sistem penilaian.
            Mengukur kemampuan seorang anak tidaklah mudah, karena kemampuan tidak dapat diamati atau diobservasi secara langsung, yang dapat dilakukan hanyalah dengan melihat indikator tertentu sebagai manifestasi kemampuan itu, biasanya diukur melalui tes kemampuan. Oleh karena itu jika alat ukur yang digunakan salah maka kesimpulan yang diperoleh akan menyesatkan. Oleh karena itu alat yang digunakan harus berkualitas yaitu memiliki bukit kesahihan (valid) dan kehandalan (reabel).
Itulah sebagian dari banyak hal yang dikupas dalam buku ini. Oleh karen itu, dengan membaca buku ini, anda akan megetahui secara persis sebagaimana mengonstruk alat ukur (tes dan angket), menelaah dan menganalisisnya agar sesuai dengan kaidah-kaidah psikometris. Panduan untuk mengonstruk dan menelaah alat ukur disajikan secara lengkap, dengan bahasa yang mudah dipahami serta masing-masing aspek diberikan contoh. Pada bagian analisis juga disajikan beberapa prongram komputer sederhana seperti EXCEL, SPSS, dan ITEMAN untuk membantu mempermudah dan mempercepat hitungan.
Buku ini terdiri atas empat komponen, untuk mengukur penilaian pendidikan yaitu: (1) beberapa konsep dasar penilaian pendidikan, (2) langkah-langkan pengembangan tes, (3) analisis butir tes, (4) pengukuran sikap.          
Penilaian adalah suatu prosedur sistematis dan mencakup kegiatan mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasikan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik seseorang atau objek untuk menentukan seberapa jauh mereka mencapai tujuan pembelajaran. Prinsip-prinsip dalam penilaian adalah: (1) proses penilaian harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran; (2) penilaian harus mencerminkan masalah dunia nyata, bukan hanya dunia sekolah; (3) penilaian harus menggunakan berbagai ukuran, metode, dan kriteria yang sesuai dengan krakteristik dan esensi pengalaman belajar; dan (4) penilaian harus bersifat holistic yang mencakup semua aspek dari tujuan pembelajaran.
Tes atau pengujian adalah suatu prosedur sistematis yang dilakukan berdasarkan tujuan dan tata cara yang jelas. Tes dapat pula dipandang sebagai prosedur pengumpulan sampel prilaku yang akan dikenali nilai kuantitatif. Ada dua jenis tes yang dilakukan di dunia pendidikan adalah tes kemampuan maksimal (maxsimum performance test dan jawaban tipikal (tupical response). Tes kemampuan maksimal dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tes kecepatan (speed tes) dan tes kemampuan (power test).  Langkah-langkah dalam pengembangan tes dalam pegembagan tes diperlukan beberapa langkah awal yaitu: identifikasi tujuan pembelajaran, menyusun table spesifikasi atau kisi-kisi, dan menentukan bentuk tes yang akan digunakan.
  Analisis butir soal merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meyakinkan bahwa butir-butir soal tersebut bermutu dan memenuhi kriteria yang ditentukan. Analisis butir soal dapat dilakukan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis butir soal secara kualitatif dilakukan dalam rangka meningkatkan validitas, baik validitas tampak, validitas isi, maupun validitas konstruk.
Dalam melakukan penyekalaan sikap, berbeda dengan penyekalaan tes prestasi. Jawaban terhadap pernyataan sikap berupa ungkapan positif atau negative terhadap objek sikap yang sifatnya individual, yang tentu saja tidak dapat dinilai sebagai benar atau salah. Untuk menulis pernyataan sikap yang bermutu, perlu diperhatikan dan mengacu pada kaidah atau pedoman penulisan pernyataan agar ciri-ciri pernyataan sikap tidak terlupakan. Selain itu, dengan mengikuti kaidah dimaksudkan agar setiap pernyataan mempunyai kemampuan membedakan antara kelompok responden yang setuju dengan kelompok responden yang tidak setuju terhadap objek sikap. 
Kelebihan
1.      Mudah dimengerti karena banyak contoh-contohnya bahkan menggunakan gambar dan table
2.      Penghitungannya tidak manual tapi penghitungan secara otomatis yaitu melalui komputer
3.      Disetiap bab ada rangkumannya dari pembahasan materi
Kekurangan
1.      Fond terlau kecil dan jaraknya terlalu rapat sihingga cepat membosankan  bagi pembacanya
2.      Fond banyak yang kurang jelas
3.      Contoh dalam bentuk gambar kurang jelas
4.      Kebanyakan kata istilah, menurut penulis jika ini suatu alat maka kata-kata yang digunakan jangan terlalu sulit sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami isi buku tersebut
5.      Kertas yang digunakan terlalu kuning apa lagi dipadu dengan hurup kecil dan rapat sehingga buku tidak menarik untuk dibaca
6.      Covernya kurang menarik terlalu polos

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.