This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.
Jumat, 15 Juni 2012
Proposal ORDIPA'12 ~ KUMPULAN ILMU-ILMU MAHAL
Proposal ORDIPA'12 ~ KUMPULAN ILMU-ILMU MAHALibnu.harun19.blogspot.com
Kamis, 14 Juni 2012
Cara modifikasi tampilan link di bloger
Cara Memodifikasi Tampilan Link di Blogger/Blogspot
Tips-tricks Blogger kembali lagi membahas tentang mengedit tampilan link di template Blogger/Blogspot. Kali ini diupayakan secara lengkap dan esensial agar nanti sobat dapat mengutak-atik bagian tampilan link secara mandiri.
Bagian CSS yang memberi aturan pada link ada 4 jenis:
1. a : tampilan dasar suatu link
2. a:hover: tampilan link ketika mouse berada di atas link (mouse hovering)
3. a:visited: tampilan link setelah di-click atau ketika halaman link tersebut telah dibuka.
4. a:active: tampilan link ketika di-click ( ketika halaman baru belum terbuka secara sempurna)
Sedangkan style text CSS memiliki beberapa jenis:
1. color: warna link, valuenya berupa warna hexadesimal, RGB, maupun color name.
2.
Text decoration: hiasan pada link, berupa underline (garis bawah, ini
bawaan secara default), none (tanpa hiasan), overline (garis di atas)
dan blink (berkedip)
3. Font-size: ukuran teks, biasanya dalam pixel (px), em, persen (%), dll.
4.
dan masih banyak lagi jenis text-style yang lainnya, sobat nantinya
silahkan mempelajari sendiri cara-cara memodifikasi tampilan teks dengan
CSS.
Nah, setelah mengetahui beberapa
properti style CSS pada link, untuk mengubah tampilan default link pada
blog, silahkan lihat pada template Blogger/Blogspot sobat (lihat
melalui edit HTML), kemudian cari aturan CSS yang mengatur link, yaitu
a, a hover, .... dan seterusnya.
Clue: aturan CSS terletak di antara <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin>, aturan link berada di bagian awal, biasanya setelah variable dan setelah body {...}
Contoh aturannya seperti ini (namun tidak sama persis tergantung aturan CSS teks-nya):
a {color: #1C4991; text-decoration: none;}
a:hover {color: #f2984c; text-decoration: underline;}
a:visited {color: 1C4991; text-decoration:none;}
Pada bagian berwarna biru
itulah sobat bisa memodifikasi tampilan link, baik tampilan awal link
(a), ketika mouse di-hover di atas link (a:hover), dan ketika link telah
di klik/dikunjungi (a:visited). Ingat, tampilan dasar link selalu
bergaris bawah, maka untuk menghilangkan garis bawah (underline) link pada tampilan link dasar maupun ketika di-hover, harus ditambahkan text-decoration: none. Sedangkan untuk warna, sobat bisa pula mengganti value warna di link di tempate sobat dengan mengganti kode di belakang color: dengan kode warna lain yang diinginkan. Untuk mengetahui kode-kode warna, gunakan Hex Color Code Chart Generator.
Jika ingin menambahkan aturan link lain yang belum ada di template sobat, misalnya belum ada a:hover, maka tinggal ditambahkan saja, dengan catatan urutannya harus seperti ini:
1. a {aturan css text styling}
2. a:hover {aturan css text styling}
3. a:visited {aturan css text styling}
4. a:active {aturan css text styling}
Keempatnya
harus memiliki unrutan seperti itu, jadi tidak boleh terbalik-balik,
kecuali jika salah satunya tidak ada, boleh langsung melompat ke aturan
link lain.
Jika ingin mengubah tampilan link secara individual dan berbeda dari aturan default link yang mengikuti aturan template, sobat bisa langsung memasukkan perintah CSS text-style ke dalam link yang ingin diberi tampilan berbeda (style="....."), misalnya:
<a href="http://buka rahasia.blogspot .com" style="color:#FF9900;text-decoration:blink;font-size:24px">tips-tricks blogger</a>
Maka hasilnya akan seperti ini:
(Note: Penggunaan text decoration
berjenis blink di atas hanyalah untuk contoh, perhatikan benar-benar
penggunaan text decoration seperti ini karena dapat membuat mata lelah
dan sakit. Ga percaya? Silahkan dilihat terus link di atas dalam waktu 2
atau 3 menit. Hehe... Padu padankan warna, ukuran, serta
urgensi/kepentingan penggunaannya sehingga benar-benar pas dan tidak
berlebihan).
Nah, sekarang jika sobat ingin mengutak-atik tampilan link blog silahkan dicoba dengan memperhatikan aturan-aturan CSS dan cara di atas. Yang penting, utak-atik, coba terus, belajar dan belajar! Good luck!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Nah, sekarang jika sobat ingin mengutak-atik tampilan link blog silahkan dicoba dengan memperhatikan aturan-aturan CSS dan cara di atas. Yang penting, utak-atik, coba terus, belajar dan belajar! Good luck!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com
Cara Instal Windows
Menginstal windows
- Nyalakan komputer
- Tekan del
- Berkli-kali sampai masuk Bios
- Cari boot ruban ke CD rom (A, CD Rom, C/C,A CD Rom)
- Pres
- Esc
- F10 tekan Yes/Y Enter
- Masukkan CD tunggu sebentar
- Lalu ada bacaan Pres any Key to boot screen CD:
- Tekan spasi berklai-kali sampai ada tulisan hedwars and sofwer to configuration ….
- Proses …
- Enter
- F8
- Esc: don’t Repair
- Pilih C
- Ketik D: delete partition
- Enter: continue
- Ketik L: delete
- Enter: install
- Pilih format Fat (Quick)
- Enter: continue
- Enter: continue
- Tunggu sampai tampilan XP
- Yampilan exciting New Look
- Klik Custunize
- Pilih languages
- Kasih cawang
V Instal …
V Instal …
- Klik Apply tunggu sampai selesai proses
- Kembali klik regional opsion
- Pilih untuk ▼ pilih bahasa Arabic (Saudi Arabia)
- Aplly
- Tulis nama and organinization
Nama : A@dank
Organization : Nihai
- Next
- Prodct Key
- 7QVT6-72738-WRKJB-YKRFQ-XVK98
- Next
- Next
- Atur waktu dan tanggal
- Pilih teme zona
- Cari Bangkok Hanoi Jakarta
- Tunggu sampai selesai kelar tampilan XP
- Display setting OK
- OK
- Next
- Pilih Yes Right Now/ Not right now
- Pilih saja
- Next
- Your name: A@dank saying
- Next finish
- Selesai
- Tinggal menginstal VGA dan sound
- Install program-program lainnya.
LPJ MENLU
بسم الله الرحمن الر
حيم
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH
AL-AMIEN (IDIA) PRENDUAN
SUMENEP
MADURA INDONESIA
69465
Masa Bakti: 2010-2011 MAlamat Kantor
: Gedung Rektorat IDIA Prenduan Lantai III e-mail : bemidiaprenduan@gmail.com
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI LUAR NEGERI
(MENLU)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ MENKANTIB
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI KEAMANAN DAN KETERTIBAN (MENKANTIB)
MENTERI KEAMANAN DAN KETERTIBAN (MENKANTIB)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ MENDIKBA
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI PENDIDIKAN BAHASA ASING (MENDIKBA)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ BEM
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
(PRESIDEN MAHASISWA,
SEKRETARIS JENDRAL DAN MENTERI KEUANGAN)
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) 2010-2011
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh Pon-Pes Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III Bagian Kemahasiswaan IDIA
Prenduan
Civitas Akademika IDIA Prenduan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah-sunnah beliau.
LPJ MENSYARDA
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI SYARIAT DAN
DAKWAH (MENSYARDA)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang
baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ MENKORA
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI KESENIAN
DAN OLAH RAGA (MENKORA)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ MENDIKRIS
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI PENDIDIKAN DAN RISET (MENDIKRIS)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
LPJ MENDANGRI
LAPORAN
PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
MENTERI DALAM
NEGERI (MENDAGRI)
Kepada Yth.
Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien
Prenduan
Rektor IDIA Prenduan
Purek III IDIA Prenduan Bagian
Kemahasiswaan
Rekan-rekan Mahasiswa IDIA Prenduan
Assalamualaikum, Wr. Wb
A. MUKADDIMAH
Segala puji hanya
bagi Allah yang telah menciptakan siang untuk beraktifitas dan malam untuk
beristirahat, dan telah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan
segala aktifitas.
Sholawat serta
salam senantiasa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan
yang baik kepada kita semua dalam berbagai aktifitas. Semoga kita selalu bias
meneladani sunnah sunnah beliau.
Proposal Beasiswa
Proposal
Pengajuan Beasiswa
Oleh:
........................................................
Abdul Aziz S.pdi
1. Yakinkan Bahwa anda benar-benar membutuhkan
2. Jelaskan kondisi keluarga abda disertai dengan kebutuhan
keuangannya
3. Jelaskan kebutuhan-kebutuhan anda
4. Lampirkan sertifikat,
nilai kuliah,surat ketrangan tidak mampu
5. Surat keterangan penghasilan orangtua
6. Surat menyurat antar propinsi itu harus tanda-rangan asli
7. Surat
menyurat itu sebaiknya kita buat sendir, jadi instansi tinggal tanda tangan.
Proposal Semarak tiga bahasa


SEMARAK TIGA BAHASA 1426 H.
Antar SLTA dan Pesantren se Jawa Timur
Di
Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN

Telp /
Faks : 0328-821.777 E-mail :tmi_al-amien@plasa.com PC
: 081803194804
PROPOSAL KEGIATAN
Dasar Pemikiran
Paling tidak, ada 3 bahasa yang
harus diketahui dan dikuasai oleh setiap generasi muda Muslim Indonesia saat ini ( baik
secara verbal atau tertulis ), yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa
Inggris, selain tentu saja Bahasa Daerah yang merupakan bahasa ibu, bersifat lokal
dan banyak dipergunakan dalam komunikasi sehari-hari
.
Proposal Seminar karya tulis
PROPOSAL SEMINAR
KARYA TULIS ILMIAH & RISET TINGKAT NASIONAL
BADAN
EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
INSTITUT
DIROSAT ISLAMIYAH Al-AMIEN (IDIA)
PRENDUAN
SUMENEP MADURA
PERIODE 2010-2011

A. Dasar
Pemikiran
Menghidupkan tradisi-tradisi intelektual dikalangan
generasi muda menjadi sebuah keharusan ketika cita-cita lahirnya manusia yang “Mundzirul Qoum” dengan kapasitas
kepribadian dan kematangan intelektual yang memadai menjadi satu sikap yang
harus direalisasikan.
Disadari atau tidak,
kematangan intelektual generasi muda berimplikasi positif terutama pada proses
menjadikan para remaja yang kreatif, inovatif dan mampu bermain di pentas
sejarah. Tentu hal itu bukanlah satu pekerjaan yang mudah, melainkan
membutuhkan sikap, tekad dan usaha yang maksimal terutama dari para remaja
penerus bangsa sebagai subjek utamanya.
Kemampuan
menulis, berdiskusi, meneliti, dan sebagainya adalah tradisi-tradisi positif
konstruktif yang harus ditanamkan dan dikembangkan sejak dini dalam setiap diri
remaja (siswa, mahasiswa, dan umum) kalau cita-cita di atas ingin menjadi
sebuah kenyataan
Proposal Festival Musik
PROPOSAL
FESTIFAL MUSIK ISLAMI SE-JAWA TIMUR
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN (IDIA)
PRENDUAN
SUMENEP MADURA
MASA
BAKTI 2010-2011
A.
Latar Belakang
Agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan silatturrahim
dengan orang lain. Karena silaturrahim akan menjadikan manusia lebih berkembang
dalam berbagai hal termasuk dalam sastra. Kita semua tentu menyukai keindahan,
dan kita dapat menemukan keindahan itu dalam karya sastra.
Bahkan alquran pun diturunkan ketika bangsa arab sedang mengalami
kemajuan sastra, sehingga alquran mempunyai nilai sastra yang tak tertandingi,
baik dari segi tata bahasanya, strukturnya, ataupun kosa katanya
Dunia sastra adalah dunia yang penuh dengan keindahan imajinasi dan
kontemplasi. Untuk menghasilkan suatu karya sastra yang berkualitas seseorang
haruslah menghayati setiap gerak kehidupan lingkungan sekitarnya kemudian
menuangkannya ke dalam bentuk puisi, sajak, cerpen. Melalui penghayatan yang
mendalam, seseorang akan mampu membuat perubahan bagi masyarakat.
Era yang serba modern sekarang ini merupakan wadah yang sangat potensial
bagi pengembangan sastra karena perkembangan dan kemajuan Indonesia tidak lepas
dari peran para sastrawan yang melambungkan nama Indonesia sebagai salah satu
Negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindahan dan kedamamian yang
dituangkan dalam bentuk sastra, baik itu puisi, cerpen, sajak-sajak dan lain
sebagainya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di Indonesia terdapat sastrawan
nasionaL yang mengharumkan nama indonesia, seperti Taufik Ismail, Chairil
Anwar, WS. Rendra.
Dengan adanya para pendahulu tentu kita tetap berharap generasi itu tidak
hilang begitu saja tanpa ada penerus yang melahirkan konsep baru dari karya
sastra yang sudah ada sebelumnya. Dan dengan adanya interaksi antara generasi
muda dengan para praktisi sastra senior, diharapkan akan mampu membangkitkan
semangat generasi muda untuk terus berkarya dalam bidang sastra
B.
Landasan Kegiatan
1. Hadist nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.”
2. Agenda kerja DKPM IDIA
Prenduan .
C.
Nama Kegiatan
Kegiatan ini
bernama “Lomba baca Puisi Dan Dialog Bersama Sastrawan Nasional.”
D.
Tujuan Kegiatan
Tujuan dari
kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.
Membangun minat pelajar
dan mahasiswa di wilayah Madura terhadap sastra.
2.
Memperkenalkan pada insan akademis dan masyarakat umum terhadap karya sastra dan potensi
pengembangannya oleh generasi muda.
3.
Memperkenalkan Dewan
Koordinator Pers Mahasiswa (DKPM) IDIA Prenduan sebagai sebuah lembaga pers mahasiswa di Kampus IDIA Prenduan kepada
masyarakat Madura.
E.
Bentuk dan Kegiatan
Bentuk Kegiatan
dari kegiatan ini adalah :
1.
Lomba Baca Puisi Dan Dialog
Bersama Sastrawan Nasional
F.
Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu dan tempat
diselenggarakannya kegiatan adalah sebagai berikut :
1.
Lomba baca puisi dimulai dari
tanggal 11-13 Juni 2010 di Gedung Serba Guna (GESERNA)
Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, dengan perincian acara:
-
Perlombaan peserta putra pukul
08.00 s/d 12.00 WIB
-
Perlombaan peserta putri pukul
13.00 s/d 16.30 WIB
2.
Dialog bersama sastrawan nasional
dan pengumuman pemenang pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB, tanggal 16 Juni 2010 di
Gedung Serba Guna (GESERNA) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
G.
Peserta dan Kepanitiaan
1.
Peserta
Peserta dari kegiatan ini meliputi pelajar, mahasiswa
dan masyarakat umum se-Madura.
2.
Panitia
Panitia dari kegiatan ini adalah pengurus Dewan Koordinator Pers Mahasiswa (DKPM) pa/pi
IDIA Prenduan (susunan
panitia terlampir).
H.
Anggaran Dana
Terlampir
I.
Penutup
Demikian proposal ini kami susun sebagai acuan dalam
pelaksanaan kegiatan. Kami berharap apa yang kita lakukan mampu membawa
perubahan positif bagi pengembangan pendidikan di Madura. Oleh karena itu kerjasama dan dukungan sangat kami perlukan guna
mensukseskan acara ini. Semoga setiap usaha yang kita lakukan mampu membawa
kebaikan dan menjadi amal disisi Allah SWT.
Prenduan, 20 Mei
2010
Proposal Smiloka
SEMILOKA SEHARI 1426 H
PERAN PESANTREN SEBAGAI MITRA
STRATEGIS PEMERINTAH
DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM
PEMBANGUNAN
MADURA YANG MADANI
Di Pondok Pesantren AL-AMIEN
PRENDUAN
Sekretariat : Pondok Pesantren
AL-AMIEN PRENDUAN, Sumenep Madura 69465
Telp / Faks :
0328-821.777 E-mail
:tmi_al-amien@plasa.com PC : 081803186114
PROPOSAL
SEMILOKA SEMADURA
PERAN
PESANTREN SEBAGAI MITRA STRATEGIS
PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN MADURA YANG MADANI
A. LATAR BELAKANG
Membangun masyarakat Madura yang madani merupakan
cita-cita besar yang telah lama diimpi-impikan oleh kita bersama. Selain karena
berakar dari konotasi makna yang islami, istilah madani tidak lepas dari konteks Ke-Indonesiaan dan
Ke-Maduraan serta relevan dengan semangat, substansi dan momentum reformasi
yang telah dan terus akan kita perjuangkan bersama. Karena itu, ini tidak hanya
menjadi tanggungjawab pemerintah semata tapi juga harus didukung secara aktif
oleh berbagai komponen bangsa lainnya
termasuk pesantren yang kehadirannya memiliki makna signifikan bagi
masyarakat Madura pada khususnya.
Minggu, 10 Juni 2012
الـدرر الـبـهـيـة فـي المـسـائـل الـفـقـهـيـة
الـدرر الـبـهـيـة فـي المـسـائـل الـفـقـهـيـة
للإمام الْمُتَفَنِّن العلامة / محمدِ بنِ عليٍّ
الشوكانيّ
المتوفَّى سنة 1250 الهجرية، رحمه الله تعالى
بسم الله
الرحمن الرحيم
أحمَد من أمرنا بالتَّفَقُّه في الدِّين. وأشكر من أرشدنا إلى اتباع سيد
المرسلين. وأصلي وأسلم على الرسول الأمين، وآله والطاهرين، وأصحابه الأكرمين.
كتاب الطهارة
بابٌ الْمِياهُ:
الماء طاهر ومطهِّر.
لا يخرجه عن الوصفين إلا ما غيّر ريحه أو لونه أو طعمه من النجاسات،
والثاني ما أخرجه عن اسم الماء المطلق من المغيرات الطاهرة.
ولا فرق بين قليلٍ وكثيرٍ، وما فوق القُلَّتين وما دونهما، ومتحركٍ وساكنٍ،
ومستعملٍ وغيرِ مستعمل.
Akar pemikiran pesantren
Akar Pemikiran
Pesantren
Oleh Al-Zastrouw *Sejalan dengan maraknya issu terorisme dan gerakan Islam radikal, pesantren saat ini menjadi sorotan dan perhatian masyarakat dunia. Ini terjadi karena pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Sejarah menunjukkan, pesantren tidak saja sebagai pusat pendidikan Islam tetapi juga pusat perjuangan kaum pergerakan nasional dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Oleh karenanya cukup beralasan kalau pesantren menjadi pusat perhatian ketika muncul gerakan radikal yang menggunakan simbol Islam. Disamping itu, beberapa fakta lapangan untuk sementara juga menunjukkan adanya keterkaitan gerakan tersebut dengan beberapa pesantren. Meski masih bersifat dugaan, karena belum dibuktikan secara hukum di depan pengadilan, namun terjadinya penggrebekan dan penggeledahan serta penangkapan beberapa orang pengasuh pondok pesantren, cukup untuk mempengaruhi opini dan asumsi orang mengenai citra pesantren.
Makalah surat makiyah dan madaniyah
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Para ulama dan ahli
tafsir terdahulu memberikan perhatian yang besar terhadap penyelidikan
surat-surat Al-Qur’an. Mereka meneliti Al-Qur’an ayat demi ayat dan surat demi
surat untuk disusun sesuai dengan nuzulnya, dengan memperhatikan waktu, tempat
dan pola kalimat. Bahkan lebih dari itu, mereka mengumpulkannya sesuai dengan
waktu, tempat dan pola kalimat. Cara demikian merupakan ketentuan cermat yang
memberikan kepada peneliti obyektif, gambaran mengenai penyelidikan ilmiah
tentang ilmu Makkiyah dan Madaniyah.
RPP
RENCANA
PELAKASANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah : P.P. Aulia Cendikia
Mata Pelajaran : Ilmu Tadjwid
Kelas/Semester : III/I
Standar
Kompetensi :
Menguasai macam-macam
hokum Mad secara lebih luas dan mendalam dari buku diktat yang telah ditentukan.
Kompetensi Dasar :
Mampu Memahami dan membedakan macam-macam hokum Mad dalam beberapa contoh yang bervariasi dan bisa menyebutkan secara
terperinci.
Makalah pengelolaan kelas
BAB
I
PENDAHULUAN
Kegiatan
belajar mengajar yang melahirkan interaksi unsure-unsur manusiawi adalah suatu
proses dalam mencapai tujuan pengajaran. Dalam mencapai tujuan pengajara maka
diperlukan interaksi antara pendidik dengan anak didiknya. Pendidik berusaha
mengatur lingkungan belajar bagi anak didik. Untuk itu bagi pendidik diperlukan
pemilihan strategi dan metode mengajar yang tepat sehingga tercapai
tujuan pengajaran secara efektif dan efesien dalam proses belajar mengajar.
RUMUSAN
MASALAH
a.
Pengertian pengelolaan kelas
b.
Prinsip-prinsip pengelolaan kelas
c.
Komponen-komponen pengelolaan kelas
Makalah Instumen evaluasi pembelajaran
INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
Pembelajaran tingkat satuan
pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kurikulum tigkat satuan pendidikan yang
mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan sistam yang terdiri dari
beberapa unsure yang sistematis yaitu masukan, proses dan keluaran atau hasil.
Evaluasi masukan pembelajaran menekankan pada evaluasi karakterisitik peserta
didik, kelengkapan dan keadaan sarana dan prasarana pembelajaran,
karakterisitik dan kesiapan pendidik, kurikulum dan materi pembelajaran,
strategi pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran, serta keadaan
lingkungan dimana pembelajaran berlangsung.
Makalah psikologi pembelajaran
Dunia pendidikan
mengartikan diagnosis kesulitan belajar sebagai segala usaha yang dilakukan
untuk memahami dan menetapkan jenis dan sifat kesulitan belajar. Juga
mempelajari faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar serta cara
menetapkan dan kemungkinan mengatasinya, baik secara kuratif (penyembuhan)
maupun secara preventif (pencegahan) berdasarkan data dan informasi yang
seobyektif mungkin.
Makalah prinsif-prinsif pengelolaan kelas
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masih
banyak orang beranggapan bahwa media pembelajaran selalu terkait dengan
teknologi tinggi, elektronika, digital dan biaya mahal contohnya yang kita
kenal sebagai media pembelajaran adalah media cetak, Transparansi, Audio, Slide
Suara, Video, Multimedia Interaktif, E-learning. Namun sesungguhnya hal
tersebut merupakan pemikiran yang sempit dalam memaknai arti dari sebuah media
pembelajaran. Media pembelajaran terdiri dari berbagai macam jenis, dari media
pembelajaran yang sederhana dan murah hingga media pembelajaran yang canggih
dan mahal, dari mulai rakitan pabrik hingga buatan tangan para guru itu sendiri,
bahkan ada pula yang telah disediakan oleh alam dilingkungan sekitar kita yang
dapat langsung digunakan sebagai media pembelajaran.
Makalah toriqotul qiro'ah
BAB I
PENDAHULUAN
Banyak
cara yang ditempuh agar seseorang memperoleh pengetahuan. Salah satunya yang
paling sering dilakukan adalah melalui membaca. Ini tampaknya lebih menekankan
pengertian membaca sebagai kegiatan seseorang untuk memperoleh pengetahuan
melalui sumber-sumber tekstual, seperti buku, artikel, koran dan sebagainya,
dengan menggunakan mata atau pandangan sebagai alat utamanya. Jika diperluas
lagi, pengertian membaca di sini sebenarnya tidak hanya persepsi visual
terhadap bentuk rangkaian kata-kata (verbal) tetapi juga dapat berbentuk
simbol-simbol lainnya, seperti angka, gambar, diagram, tabel yang di dalamnya
memiliki arti dan maksud tertentu.
Makalah Campur kode alih kode
BAB I
PENDAHULUAN
Sebagai seseorang yang terlibat dengan
penggunaan dua bahasa, dan juga terlibat dengan dua budaya, seorang
dwibahasawan tentulah tidak terlepas dari akibat-akibat penggunaan dua bahasa
itu. Salah
satu akibat dari kedwibahasaan adalah adanya tumpang tindih antara kedua sistem
bahasa yang dipakainya atau digunakannya unsur-unsur dari bahasa yang satu pada
penggunaan bahasa yang lain.
Malmaker (1992: 61-61) membedakan campuran sistem linguistik
ini menjadi dua:
a.
Alih kode (code switching), yaitu beralih dari satu bahasa ke dalam bahasa lain
dalam
satu ujaran atau percakapan; dan
b.
Campur kode (code mixing/interference), yaitu penggunaan unsur-unsur bahasa,
dari
satu bahasa melalui ujaran khusus ke dalam bahasa yang lain.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian
alih kode dan campur kode?
2. Persamaan dan
Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
3. Faktor-faktor penyebab dan tujuan
melakukan alih kode atau campur kode
4. Apa sikap
bahasa dan pemilihan bahasa?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Persamaan dan Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
Alih
Kode
Alih kode adalah peristiwa peralihan
dari satu kode ke kode yang lain. Misalnya penutur menggunakan bahasa Indonesia
beralih menggunakan bahasa Jawa. Alih kode merupakan salah satu aspek
ketergantungan bahasa (language dependency) dalam masyarakat multilingual.
Dalam masyarakat multilingual sangat sulit seorang penutur mutlak hanya
menggunakan satu bahasa. Dalam alih kode masing-masing bahasa masih cenderung
mengdukung fungsi masing-masing dan dan masing-masing fungsi sesuai dengan
konteksnya. Appel memberikan batasan alih kode sebagai gejala peralihan
pemakaian bahasa karena perubahan situasi. Suwito (1985) membagi alih kode
menjadi dua, yaitu
1. Alih
Kode Ekstern. Bila alih bahasa, seperti dari
bahasa Indonesia beralih ke bahasa Inggris atau sebaliknya dan
2. Alih
Kode Intern. Bila alih kode berupa alih
varian, seperti dari bahasa Jawa ngoko merubah ke krama.
Campur
Kode
Campur kode
terjadi apabila seorang penutur menggunakan suatu bahasa secara dominan
mendukung suatu tuturan disisipi dengan unsur bahasa lainnya. Hal ini biasanya
berhubungan dengan karakteristk penutur, seperti latar belakang sosil, tingkat
pendidikan, rasa keagamaan. Biasanya ciri menonjolnya berupa kesantaian atau
situasi informal. Namun bisa terjadi karena keterbatasan bahasa, ungkapan dalam
bahasa tersebut tidak ada padanannya, sehingga ada keterpaksaan menggunakan
bahasa lain, walaupun hanya mendukung satu fungsi. Campur kode termasuk juga
konvergense kebahasaan, campur kode
terjadi karena
adanya hubungan timbal balik antara peranan penutur, bentuk bahasa, dan
fungsi bahasa.
Campur kode dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Campur kode ke dalam (innercode-mixing):
Campur kode yang bersumber dari bahasa asli dengan segala variasinya
2. Campur kode ke luar (outer code-mixing):
campur kode yang berasal dari bahasa asing.
B.
Persamaan dan Perbedaan Alih Kode dan Campur Kode
Persamaan alih
kode dan campur kode adalah kedua peristiwa ini lazin terjadi dalam masyarakat
multilingual dalam menggunakan dua bahasa atau lebih. Namun terdapat perbedaan
yang cukup nyata, yaitu alih kode terjadi dengan masing-masing bahasa yang
digunakan masih memiliki otonomi masing-masing, dilakukan dengan sadar, dan
disengaja, karena sebab-sebab tertentu sedangkan campur kode adalah sebuah kode
utama atau kode dasar yang digunakan memiliki fungsi dan otonomi, sedangkan
kode yang lain yang terlibat dalam penggunaan bahasa tersebut hanyalah berupa
serpihan (pieces) saja, tanpa fungsi dan otonomi sebagai sebuah kode. Unsur
bahasa lain hanya disisipkan pada kode utama atau kode dasar. Sebagai contoh
penutur menggunakan bahasa dalam peristiwa tutur menyisipkan unsur bahasa Jawa,
sehingga tercipta bahasa Indonesia kejawa-jawaan.
Thelander
mebedakan alih kode dan campur kode dengan apabila dalam suatu peristiwa tutur
terjadi peralihan dari satu klausa suatu bahasa ke klausa bahasa lain disebut
sebagai alih kode. Tetapi apabila dalam suatu periswa tutur klausa atau frasa
yang digunakan terdiri atas kalusa atau frasa campuran dan masing-masing klausa
atau frasa itu tidak lagi mendukung fungsinya sendiri disebut sebagai campur
kode.
C. Faktor-Faktor Penyebab Dan Tujuan
Melakukan Alih Kode Atau Campur Kode
Beberapa faktor penyebab terjadinya
alih kode atau campur kode dipengaruhi oleh konteks dan situasi berbahasa yang
dapat diuraikan sebagai berikut:
a.
Pembicara dan Pribadi Pembicara
Pembicara
kadang-kadang sengaja beralih kode terhadap mitra bahasa karena dia mempunyai
maksud dan tujuan tertentu. Dipandang dari pribadi pembicara, ada berbagai
maksud dan tujuan beralih kode antara lain pembicara ingin mengubah situasi
pembicaraan, yakni dari situasi formal yang terikat ruang dan waktu ke situasi
non-formal yang tidak terikat ruang dan waktu. Pembicara kadang-kadang
melakukan campur kode bahasa satu ke dalam bahasa yang lain karena kebiasaan.
b. Mitra
Bicara
Mitra bicara
dapat berupa individu atau kelompok. Dalam masyarakat bilingual, seorang
pembicara yang mula-mula menggunakan satu bahasa dapat beralih kode menggunakan
bahasa lain dengan mitra bicaranya yang mempunyai latar belakang bahasa daerah
yang sama. Misalnya, pembicara dan mitra bicara menggunakan bahasa Jawa beralih
kode menggunakan bahasa Inggris karena hadirnya seorang penutur Inggris yang
memasuki situasi pembicaraan.
c. Tempat
Tinggal dan Waktu Pembicaraan Berlangsung
Pembicaraan yang
terjadi di sebuah terminal bus di Indonesia, misalnya, dilakukan oleh
masyarakat dari berbagai etnis. Dalam masyarakat yang begitu kompleks semacam
itu akan timbul banyak alih kode dan campur kode. Alih bahasa atau campur kode
itu dapat terjadi dari bahasa yang satu ke dalam bahasa yang lain, dan dari
tingkat tutur suatu bahasa ke tingkat tutur bahasa yang lain.
e. Topik
Dengan
menggunakan topik tertentu, suatu interaksi komunikasi dapat berjalan dengan
lancar. Alih kode dan campur kode dapat terjadi karena faktor topik. Topik
ilmiah disampaikan dalam situasi formal dengan menggunakan ragam formal.
D. Apa sikap dan pengalihan bahasa
Sikap Bahasa
Dalam bahasa Indonesia kata sikap dapat mengacu pada bentuk
tubuh, posisi berdiri yang tegak, perilaku atau gerak-gerik, dan perbuatan atau
tindakan yang dilakukan berdasarkan pandangan (pendirian, keyakinan, atau
pendapat) sebagai reaksi atas adanya suatu hal atau kejadian. Sesungguhnya,
sikap itu adalah fenomena kejiwaan, yang biasanya termanifestasi dalam bentuk
tindakan atau perilaku.
Menurut Allport (1935), sikap adalah kesiapan mental dan
saraf, yang terbentuk melalui pengalaman yang memberikan arah atau pengaruh
yang dinamis kepada reaksi seseorang terhadap semua objek dan keadaan yang
menyangkut sikap itu.
Ketiga ciri sikap bahasa yang dikemukakan Garvin dan Mathiot
itu adalah (1) kesetiaan bahasa (language loyalty) yang mendorong masyarakat
suatu bahasa mempertahankan bahasanya, dan apabila perlu mencegah adanya
pengeruh bahasa lain, (2) kebanggaan bahasa (language pride) yang mendorong
orang mengembangkan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas dan
kesatuan masyarakat, (3) kesadaran adanya norma bahasa (awareness of the norm)
yang mendorong orang menggunakan bahasanya dengan cermat dan santun dan
merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap perbuatan yaitu
kegiatan menggunkan bahasa (language use).
Pemilihan Bahasa
Menurut Fasold
(1984) hal pertama yang terbayang bila kita memikirkan bahasa adalah ”bahasa
keseluruhan” (whole languages). Dalam hal memilih ini ada tiga jenis pilihan
yang dapat dilakukan, yaitu, pertama dengan alih kode, artinya, menggunakan
satu bahasa pada satu keperluan, dan menggunakan bahasa yang lain pada
keperluan lain. Kedua dengan melakukan campur kode, artinya, menggunakan satu
bahasa tertentu dengan dicampuri serpihan-serpihan dari bahasa lain. Ketiga,
dengan memlilih satu variasi bahasa yang sama.
Penelitian terhadap
pemilihan bahasa menurut Fasold dapat dilakukan berdasarkan tiga pendekatan
disiplin ilmu, yaitu berdasarkan pendekatan sosiologi, pendekatan psikologi
sosial, dan pendekatan antropologi. Di Indonesia secara umum digunakan tiga
buah bahasa dengan tiga domain sasaran, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah,
dan bahasa asing.
KESIMPULAN
Alih kode (code switching), yaitu beralih dari satu bahasa
ke dalam bahasa lain
dalam
satu ujaran atau percakapan.
Campur kode (code mixing/interference), yaitu penggunaan
unsur-unsur bahasa,
dari
satu bahasa melalui ujaran khusus ke dalam bahasa yang lain.
Thelander
mebedakan alih kode dan campur kode dengan apabila dalam suatu peristiwa tutur
terjadi peralihan dari satu klausa suatu bahasa ke klausa bahasa lain disebut
sebagai alih kode. Tetapi apabila dalam suatu periswa tutur klausa atau frasa
yang digunakan terdiri atas kalusa atau frasa campuran dan masing-masing klausa
atau frasa itu tidak lagi mendukung fungsinya sendiri disebut sebagai campur
kode.
Faktor
penyebab terjadinya alih kode atau campur kode dipengaruhi oleh konteks dan
situasi berbahasa
Garvin dan Mathiot itu adalah (1)
kesetiaan bahasa (language loyalty) yang mendorong masyarakat suatu bahasa
mempertahankan bahasanya, dan apabila perlu mencegah adanya pengeruh bahasa
lain, (2) kebanggaan bahasa (language pride) yang mendorong orang mengembangkan
bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas dan kesatuan masyarakat.
Ada tiga jenis pilihan
yang dapat dilakukan, yaitu, pertama dengan alih kode, campur kode, dan memlilih
satu variasi bahasa yang sama.
DAFTAR
PUSTAKA
Ø Rahardi, Kunjana. Sosiolinguistik, Kode dan Alih
Kode. Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta; 2001
Ø Suwito. Awal Pengantar Sosiolinguistik, Teori dan
Problema. Surakarta; 1983.
Langganan:
Postingan (Atom)